4 Tips Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Selama Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

 Rabu 21 Apr 2021 12:24 WIB

Puasa Ramadhan tahun ini masih di tengah pandemi, dan cukup sulit dilalui. Foto: Prayogi/Republika Puasa Ramadhan tahun ini masih di tengah pandemi, dan cukup sulit dilalui.

Puasa Ramadhan tahun ini masih di tengah pandemi, dan cukup sulit dilalui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan terpenting bagi umat Islam. Mayoritas Muslim akan berpuasa pada siang hari dan tidak dapat makan atau minum sampai matahari terbenam. Hari-hari puasa bisa jadi sulit dan mungkin lebih menantang tahun ini karena masih dengan kondisi pandemi Covid-19.

Dilansir dari independent.co.uk pada Rabu (21/4), ada empat tips yang bisa dilakukan Anda untuk menjaga kesehatan mental dan fisik selama bulan Ramadhan.


1. Nutrisi yang baik
Anda harus fokus untuk mengkonsumsi makanan yang berkualitas tinggi selama puasa. Minumlah banyak air dan makan yang baik seperti karbohidrat, sayuran, protein dan produk susu untuk lemak alami. Memiliki nutrisi ini dalam makanan Anda, membantu Anda tetap terhidrasi dan kenyang untuk waktu yang lebih lama dan bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selama sahur, fokuslah makan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti makanan gandum, buah dan sayuran, barley, nasi merah, quinoa, beri, apel dan jeruk.  Makanan ini tidak akan meningkatkan gula darah dan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan membantu Anda terus bekerja di sepanjang hari.


2. Hindari Makanan dengan Bahan Pengawet
Saat menyiapkan makanan untuk sahur, penting untuk memastikan Anda menghindari terlalu banyak garam karena ini akan membuat Anda dehidrasi dan membuat Anda haus di siang hari. Kafein juga harus dihindari.  Ini karena minuman berkafein memiliki efek diuretik, meningkatkan produksi urin tubuh yang juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Penting juga untuk menghindari makanan olahan dan makanan serta minuman dengan tambahan gula.  Makanan ini memiliki kepadatan nutrisi yang relatif rendah, tidak akan membuat Anda kenyang dalam waktu lama dan juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit.  Selain itu, makan berlebihan jenis makanan ini dapat merusak jantung dan ginjal, memperlambat sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Anda dapat menukar makanan yang digoreng dengan alternatif yang lebih sehat seperti kurma dan buah-buahan. Lalu, cobalah menukar makanan manis seperti donat, es krim dan kue dengan hal-hal seperti salad buah dan yogurt.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X