Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

AirTag Apple Bisa Dipertimbangkan di Sidang Antitrust di AS

Rabu 21 Apr 2021 12:25 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Airtag Apple.

Airtag Apple.

Foto: reuters
Peluncuran AirTag bisa menjadikan persaingan tak sehat untuk perangkat pelacakan.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple Inc pada Selasa (20/4) mengumumkan peluncuran AirTag. Perangkat ini berfungsi membantu pengguna melacak barang yang hilang.

Namun, perangkat tersebut juga dapat menjadi fokus tantangan perusahaan saingan selama sidang di depan Senat Amerika Serikat (AS) pada Rabu (21/4).

Tag berkomunikasi dengan perangkat Apple untuk membantu pengguna menemukan item tersebut jika hilang. Tag bersaing dengan Tile, sebuah perusahaan rintisan yang telah menjual perangkat serupa selama lebih dari satu dekade.

Tile telah bersaksi kepada anggota parlemen AS bahwa praktik privasi Apple telah merugikan produk Tile. Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (21/4), Kepala Eksekutif Tile CJ Prober mengatakan anggota parlemen harus memeriksa entri Apple ke kategori produk Tag pelacak pada sidang komite Senat AS di mana Tile akan bersaksi.

“Kami menyambut baik persaingan, selama itu persaingan yang sehat. Sayangnya, mengingat sejarah Apple yang terdokumentasi dengan baik dalam menggunakan keunggulan platform-nya untuk membatasi persaingan secara tidak adill atas produknya, kami merasa skeptis,” ujar Prober, dilansir dari Reuters, Rabu (21/4).

Baca Juga

Apple mengatakan baru-baru ini membuka sistem iPhone-nya untuk pelacak  pihak ketiga dengan cara yang memenuhi standar privasi Apple.

“Kami telah bekerja sejak awal iPhone untuk membantu melindungi privasi data lokasi pengguna, memberi mereka transparansi dan kendali atas bagaimana semua aplikasi dapat mengakses dan berbagi lokasi mereka,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

“Kami selalu merangkul persaingan sebagai cara terbaik untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan kami, dan kami telah bekerja keras untuk membangun platform di iOS yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk berkembang,” ujarnya.

Tile akan bersaksi pekan ini di hadapan panel antitrust Komite Kehakiman Senat AS.....

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA