Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

DBS Akuisisi 13 Persen Saham Bank Asal China

Rabu 21 Apr 2021 09:29 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha

Bank DBS

Bank DBS

Foto: dok DBS
DBS akan menjadi pemegang saham terbesar dari Shenzhen Rural Commercial Bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DBS Bank Ltd membeli 13 persen saham Shenzhen Rural Commercial Bank Corporation Limited (SZRCB) senilai 5,286 juta renminbi atau setara 1,079 juta dolar Singapura. Monetary Authority of Singapore dan China Banking and Insurance Regulatory Commission (CBIRC) Shenzhen telah memberikan persetujuan aksi korporasi tersebut.

"Investasi ini sejalan dengan strategi dari DBS Group Holdings Ltd untuk berinvestasi di negara-negara yang merupakan pasar utama dan mempercepat ekspansi di pasar yang saat ini tumbuh pesat yaitu Greater Bay Area China," tulis DBS dalam keterangan resmi, Rabu (21/4).

DBS akan mengakuisisi 1,35 miliar saham baru dari SZRCB dengan harga 3,91 renminbi per saham. Harga ini merepresentasikan 1,01 kali nilai buku per saham dari SZRCB per 31 Desember 2020. 

Setelah proses itu selesai, DBS akan menjadi pemegang saham terbesar dari SZRCB dan memiliki perwakilan dalam dewan direksi bank tersebut. Adapun investasi ini akan didanai dari dana internal dan diperkirakan akan menyelesaikan proses investasi ini setelah mendapatkan persetujuan dari China Securities Regulatory Commission (CSRC).

"Dampak dari investasi ini akan kurang dari 0,2 percentage points dari rasio kecukupan modal DBS group dan diperkirakan untuk meningkatkan pendapatan dan Return on Equity secara cepat," tulis DBS.

SZRCB adalah bank komersial swasta yang didirikan pada 2005 dan berkantor pusat di kota Shenzhen, China. SZRCB beroperasi sebagai salah satu bank dengan jumlah cabang terbesar di Shenzhen, memiliki lebih dari 3.600 karyawan yang melayani lima juta nasabah ritel aktif serta lebih dari 170 ribu nasabah korporasi aktif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA