Rabu 21 Apr 2021 11:00 WIB

Semangat Wanita Anshar dan Muhazirin Bersedekah 

Wanita Muhajirin dan Anshar semangat untuk bersedekah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Semangat Wanita Anshar dan Muhazirin Bersedekah. Foto:  Sedekah/Ilustrasi
Semangat Wanita Anshar dan Muhazirin Bersedekah. Foto: Sedekah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Syekh Ahmad Rofi Usmani dalam bukunya Pesona Ibadah Nabi menuliskan kisah semangatnya wanita Anshar dan Muhazirin bersedekah. Kisahnya suatu ketika, Zainab istri Muhazirin Abdullah Ibn Mas'ud sahabat membaca Alquran secara keras di dalam suatu majelis. 

"Dalam sejarah Zainab tercatat sebagai pemeluk Islam ke-6 itu menghadiri majelis yang dihadiri oleh Rasulullah SAW," kata Syekh Ahmad Rofi Usmani.

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, beliau SAW mengajak kaum perempuan untuk bersedekah. Setibanya di rumah, dari pertemuan tersebut Zainab lantas menemui sang suami dan berkata kepadanya. 

"Suamiku! engkau kan orang yang suka membantu orang lain. Tadi, Rasulullah memerintahkan kaum perempuan untuk bersedekah. Karena itu, temuilah beliau dan tanyakan kepadanya apakah sedekah ku boleh kuberikan kepada keluargaku sendiri? Jika tak boleh, sedekah itu akan ku alihkan kepada orang lain lain!" 

"Kau sajalah yang menemui beliau!"Jawab sang suami yang bernama lengkap Abu Abdurrahman Abdullah Ibn Mas'ud Ibnu Ghafil Ibn Habib Ibn Syamkh Ibnu Fa'r Makhzum ibn Sahilah ibn Kahil ibn Al-Harits ibn Tamim ibn Sa'd ibn Hudzail ibn Mas'ud.

Zainab kemudian pergi ke rumah Rasulullah SAW Setibanya di sana, ternyata di pintu rumah beliau telah menunggu seorang perempuan lain dari kalangan Anshar, dengan maksud yang sama. Mereka berdua sebenarnya segan menemui beliau.

Beberapa saat kemudian, Bilal bin Rabah keluar dari dalam rumah beliau. Melihat Bilal yang dikenalnya baik, Zainab pun berkata kepada muadzin pertama itu.

"Bilal! kembali kepada Rasulullah SAW dan sampaikan kepada beliau, di pintu ada dua orang perempuan yang ingin bertanya kepada beliau," pinta Zainab untuk menyampaikan pertanyaan.

"Bolehkah kedua perempuan itu bersedekah kepada suami mereka dan anak-anak yatim dan keluarga mereka sendiri? Tapi, jangan beritahukan kepada beliau siapa kami ini!"

Bilal pun berbalik lagi dan masuk kembali ke rumah Rasulullah SAW. Dia kemudian menyampaikan kepada beliau pesan kedua perempuan yang menunggu di balik pintu. Menerima pertanyaan demikian, beliau pun bertanya kepada Bilal. 

"Bilal" siapa kedua kedua perempuan itu?"

"Seorang perempuan dari kalangan Anshar dan Zainab istri Abdullah Ibnu Mas'ud ya Rasulullah!"Jawab Bilal.

Ucapkan beliau selanjutnya. "Katakan kepada kedua perempuan itu karena mereka akan mendapat dua pahala: Pahala karena berbuat kebajikan kepada keluarganya dan pahala bersedekah."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement