Rabu 21 Apr 2021 07:39 WIB

Android 12 Bisa Bersihkan File di Aplikasi tak Terpakai

OS akan menghapus file sementara yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andorid 11 memiliki sebuah fitur ‘izin pencabutan otomatis’ yang otomatis menarik izin aplikasi jika tidak digunakan untuk waktu yang lama. Jika pengguna tidak menggunakan aplikasi dalam jangka waktu beberapa bulan, secara otomatis akan mencabut izin yang diberikan pada aplikasi tersebut.

Kini, informasi dari XDA-Developers, menyebutkan fitur ini akan diperluas pada Android 12. Dilansir dari GSMArena, Selasa (20/4), sekarang, dengan fitur hibernasi otomatis baru (yang berhasil diaktifkan oleh XDA), selain mencabut izin yang diberikan ke suatu aplikasi, OS juga akan secara otomatis menempatkan aplikasi dalam hibernasi dan menghapus file sementara yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga

Langkah ini akan membantu mengosongkan ruang penyimpanan perangkat yang tersedia, tergantung pada aplikasi yang sedang hibernasi.Fitur tersebut terlihat pada build Android 12 yang bocor. Belum jelas apakah fitur tersebut akan muncul di Developer Preview of Beta build dari versi baru Android atau tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement