Satgas Imbau Warga Berbuka Puasa di Rumah

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Fakhruddin

 Rabu 21 Apr 2021 05:57 WIB

Satgas Imbau Warga Berbuka Puasa di Rumah (ilustrasi) Foto: Edi Yusuf/Republika Satgas Imbau Warga Berbuka Puasa di Rumah (ilustrasi)

Masyarakat harus bersungguh-sungguh untuk menghindari kerumunan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Satgas Penanganan Covid-19 tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk memperbanyakan aktivitas di dalam rumah. Peringatan satgas ini mengantipasi risiko lonjakan kasus yang mengancam Indonesia setiap saat, apabila warganya abai dalam menjalankan protokol kesehatan. Apalagi, sikap abai ini cenderung muncul karena adanya euforia vaksinasi Covid-19. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, masyarakat harus bersungguh-sungguh untuk menghindari kerumunan. Prinsipnya, ujar Wiku, warga perlu menghindari kegiatan yang mencakup interaksi dalam jarak dekat, waktu yang lama, dan di dalam ruangan tertutup. 

"Sebagaimana diimbau dalam SE Satgas nomor 13 tahun 2021, untuk melakukan sahur dan berbuka dengan anggota keluarga satu rumah, melakukan silaturahim virtual, dan membatasi kegiatan fisik dengan orang di luar rumah," ujar Wiku dalam keterangan pers, Selasa (20/4) sore. 

Wiku pun meminta masyarakat tak bosan menjalankan kebiasaan baru dalam hidup bersih secara konsisten. Terutama, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, dan rajin mencuci tangan dengan sabun. 

"Sejatinya, vaksinasi hanya akan sempurna efektivitasnya jika upaya pencegahan penularan lainnya telah dilaksanakan. Sehingga masyarakat tidak boleh terlena sampai melupakan upaya pencegahan primer yakni penerapan protokol kesehatan," kata Wiku. 

Baca juga : Saksi: Hasil Tes Cepat Antigen Habib Rizieq Reaktif Covid-19

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X