Selasa 20 Apr 2021 22:30 WIB

Vaksinasi Massif Lansia di Sukabumi Dimulai Besok

Rencananya, vaksinasi Covid-19 ini ditargetkan sebanyak 650 orang per hari.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ratna Puspita
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati
Foto: Dok istimewa
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi kini berlanjut ke kalangan lanjut usia. Rencananya, vaksinasi massif untuk lansia ini dimulai pada Rabu (21/4) besok.

Vaksinasi Covid-19 ini ditargetkan sebanyak 650 orang per hari. “Sebelumnya kalangan lansia telah didaftarkan melalui online dan akan divaksin mulai Rabu,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati kepada Republika, Selasa (20/4). 

Baca Juga

Sebelumnya, sasaran vaksinasi perdana di bulan puasa adalah dosis kedua para pelayan publik. Selanjutnya pada 19 April 2021 lalu, dilakukan vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Sebab, proses vaksinasi Covid-19 untuk PTK mendapatkan prioritas di Kota Sukabumi dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Sementara kalangan lansia diprioritaskan karena dari data yang ada menyebutkan kasus meninggalnya pasien Covid-19 sebagian besar dari lansia.

 

Lulis menerangkan, antusiasme kalangan lansia yang mendaftar vaksinasi cukup tinggi. Harapannya proses vaksinasi pada Rabu berjalan lancar dan tidak menemui hambatan berarti.

“Sesuai arahan gubernur dan SKB 4 menteri perlu adanya percepatan penanganan Covid-19 khususnya vaksinasi fokus pada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah dan lansia,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. 

Ia mengatakan para lansia menjadi perhatian khusus karena berdasarkan data kasus meninggalnya warga positif Covid-19 sebagian besar lansia. Vaksinasi ini adalah ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Menurut Fahmi, penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi dinilai masuk tiga besar terbaik di Jabar. Hal ini menunjukkan upaya maksimal dari pemkot untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement