Selasa 20 Apr 2021 22:08 WIB

Rumah Zakat Salurkan Bantuan ke Muslim Rohingya

Bantuan yang disalurkan berupa paket makanan, kesehatan hingga pakaian

Rep: Fuji EP/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pengungsi Rohingya berkumpul di Teknaf dekat Cox
Foto: AP/Suzauddin Rubel
Pengungsi Rohingya berkumpul di Teknaf dekat Cox

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat menyalurkan bantuan ke saudara-saudara Muslim luar negeri yang amat membutuhkan. Di antaranya bantuan disalurkan untuk saudara etnis Rohingya di pengungsian Cox's Bazar, Bangladesh.

Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda menyampaikan, pengiriman bantuan untuk Rohingya sudah dilakukan sejak peristiwa kebakaran di pengungsian. "Mudah-mudah di Ramadhan ini kita bisa memberikan bantuan makanan untuk mereka," kata Murni kepada Republika, Selasa (20/4). 

Ia mengatakan, bantuan yang disalurkan ke pengungsian Rohingya di Cox's Bazar berupa paket makanan, bantuan untuk layanan kesehatan dan pakaian. Mengenai nominal bantuan yang disalurkan untuk membantu Muslim Rohingya sesuai donasi dari donatur yang ingin disalurkan ke sana.

Ia menerangkan, Rumah Zakat tetap membuka saluran donasi untuk membantu Rohingya sampai akhir Ramadhan. Meskipun Rumah Zakat bisa menyalurkannya secara bertahap. Mengenai penyaluran bantuan ke Palestina, Murni menjelaskan, Rumah Zakat melihat titipan atau amanah dari donatur yang ingin menyalurkan bantuan ke negeri para nabi tu."Jika Ramadhan tahun ini ada titipan yang ingin diberikan, Insya Allah kami akan mengirimkan untuk saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya.

Murni juga menyampaikan, Rumah Zakat sebagai lembaga zakat. Tentu dana yang terkumpul di Rumah Zakat adalah dana titipan berupa zakat, infak, sedekah dan dana kemanusiaan. Rumah Zakat menunaikan akad dan amanah dari donatur. 

"Fokus kami sebetulnya menyalurkan (bantuan) di Indonesia, tapi apabila ada akad yang ditujukan (donatur) untuk membantu saudara kita di luar Indonesia (kita bantu salurkan)," ujarnya.

Ia menegaskan, persaudaraan dalam Islam tidak terbatas geografis. Di samping itu, Rumah Zakat melihat saudara di luar negeri memiliki kebutuhan.Jadi menyalurkan bantuan ke saudara-saudara yang membutuhkan di luar untuk menyampaikan kebahagiaan dan kemuliaan Ramadhan. Serta menyampaikan titipan atau amanah donatur dan mitra. "Supaya di Ramadhan yang penuh berkah ini mereka merasakan keberkahan atas rezeki yang dititipkan melalui Rumah Zakat," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement