Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Jangan Lakukan 5 Aktivitas Ini Saat Perut Lapar

Rabu 21 Apr 2021 04:15 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

Foto:
Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

3. Pergi berbelanja
Untuk amannya kita mungkin harus menghindari toko, mal, dan pusat perbelanjaan dari segala jenis saat lapar. Saat kita dalam keadaan kelaparan, otak kita tidak bisa tidak fokus untuk mencari dan mendapatkan makanan. Pikiran mencari sesuatu yang berharga tersebut dapat secara tidak sengaja menyebabkan pembelian impulsif.

Satu proyek penelitian dari 2015 menemukan, pembeli mal yang lapar akhirnya menghabiskan 64 persen lebih banyak uang daripada orang lain yang pergi berbelanja dengan perut kenyang. Jika mulai merasa perut keroncongan saat melihat TV layar lebar dan sepatu kets mahal di mal lokal, pikirkan dua kali sebelum mengeluarkan dompet.

4. Mengunyah permen karet
Banyak orang suka meraih permen karet untuk membantu mencegah rasa lapar mereka selama jam-jam yang menyebalkan di antara waktu makan. Namun demikian, mengunyah permen karet saat lapar bisa lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Ketika permen karet dikunyah saat perut kosong, kita menipu tubuh kita dengan berpikir bahwa kita sedang makan. Sebagai tanggapan, lambung memulai produksi asam untuk mengantisipasi beberapa nutrisi untuk dicerna.

Ketika tidak ada makanan yang datang, semua asam lambung ekstra itu dibiarkan berputar-putar tanpa ada yang bisa dilakukan. Selain berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan, terlalu banyak asam lambung juga dapat meningkatkan risiko sakit maag.

5. Tidur
Meskipun benar, makan hingga larut malam adalah cara yang hampir pasti untuk menambah berat badan, pergi makan dalam keadaan kelaparan juga bukan ide yang baik. Tak hanya akan merasa lebih sulit untuk tidur dan lebih mungkin untuk terbangun secara berkala, tetapi kita juga akan bangun keesokan harinya dengan tingkat energi yang sangat rendah.

Ironisnya, memaksa diri untuk tidur setiap malam saat kelaparan justru bisa menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda bolak-balik sepanjang malam karena rasa lapar, Anda akan bangun keesokan harinya dengan perasaan lelah.

Saat kita kurang tidur, otak kita mencari energi dalam bentuk lain yaitu makanan. Dengan cara ini, tidur dengan perut kosong dapat menciptakan lingkaran setan dari tidur yang buruk dan pilihan makanan yang memanjakan. Jika Anda ingin makan sebelum tidur, jaga agar camilan tengah malam Anda tetap ringan dan mudah dicerna.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA