Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

5 Efek Samping Buruk Kopi Ini Perlu Diwaspadai

Rabu 21 Apr 2021 00:08 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa kelompok orang yang perlu mewaspadai efek samping kopi.

Foto:
Ada beberapa kelompok orang yang perlu mewaspadai efek samping kopi.

4. Serangan jantung dan strok
Karena minum kopi meningkatkan tekanan darah dan homosistein, asam amino yang terkait dengan kerusakan arteri, memungkinkan ada peningkatan risiko serangan jantung dan stroke terutama pada orang yang tidak minum kopi secara teratur, menurut Harvard Health Letter.

Tetapi sebagian besar penelitian, mengaitkan konsumsi kopi dalam jumlah sedang dengan penurunan risiko. Namun, European Journal of Preventive Cardiology adalah yang pertama mengaitkan jenis metode pembuatan bir dengan serangan jantung dan umur panjang.

"Kopi tanpa filter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah," kata penulis studi Dag Thelle, seorang profesor senior di Universitas Gothenburg, Swedia, dalam pernyataan dari European Society of Cardiology.

5. Masalah kehamilan
"Kafein dapat melewati plasenta dan memengaruhi detak jantung bayi Anda," kata Jennifer Ashton, MD, Kepala Koresponden Medis untuk ABC News dan penulis Eat This, Not That!.

Kopi dalam jumlah sedikit terbukti aman, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists yang merekomendasikan agar wanita membatasi kafein hingga 200 miligram per hari, yaitu sekitar dua cangkir kopi.

Namun, penelitian baru yang diterbitkan Maret ini di JAMA Open Network menunjukkan bahwa jumlah kafein harian yang lebih rendah selama kehamilan dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Penelitian yang dikeluarkan oleh Institut Kesehatan Nasional Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein yang setara dengan sekitar setengah cangkir kopi sehari memiliki bayi yang lebih kecil dan beratnya lebih ringan daripada bayi yang lahir dari wanita yang tidak minum kafein.

Secara keseluruhan, banyak penelitian tentang efek kesehatan kafein menunjukkan bahwa minum kopi baik-baik saja bagi kebanyakan orang dan bahkan mungkin meningkatkan kesehatan. Namun, dalam keadaan tertentu, mungkin demi kepentingan terbaik untuk membatasi jumlah yang dikonsumsi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA