Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Allah Memperkenalkan Nama Khalifah Itu Adam

Selasa 20 Apr 2021 17:42 WIB

Red: Ani Nursalikah

Allah Memperkenalkan Nama Khalifah Itu Adam

Allah Memperkenalkan Nama Khalifah Itu Adam

Foto: Pixabay
Allah memberi pelajaran yang bisa digunakan dan dikembangkan untuk mengelola bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Lutfi Effendi

Ramadhan telah tiba, kembali kami tampilkan uraian singkat tentang Al Qur’an sebagai tadarus singkat selama bulan Ramadhan. Tadarus ini, meneruskan tulisan sejenis yang diupload Ramadhan tahun lalu. Moga Bermanfaat.

Pada tulisan kali ini, ditampilkan Qs Al Baqarah ayat 31:

Baca Juga

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ فَقَالَ اَنْۢبِـُٔوْنِيْ بِاَسْمَاۤءِ هٰٓؤُلَاۤءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Wa ‘allama ādamal-asmā`a kullahā ṡumma ‘araḍahum ‘alal-malā`ikati fa qāla ambi`ụnī bi`asmā`i hā`ulā`i ing kuntum ṣādiqīn

Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!” (Qs Al Baqarah 31)

Qs Al Baqarah ayat 31 ini merupakan lanjutan dari Qs Al Baqarah ayat 30 yang memberi informasi tentang penciptaan khalifah, sebagai wakil Allah SwT di muka bumi. Dalam ayat 31 ini Allah menamakan khalifah pertama di muka bumi ini adalah Adam.

Untuk menjadikan Adam sebagai khalifah yang mumpuni, Allah memberi pelajaran ilmu yang bisa digunakan dan dikembangkan untuk mengelola bumi. Ilmu yang tidak diajarkan kepada Malaikat. Bahkan ilmu yang diberikan kepada Adam ini dipertandingkan kepada para Malaikat.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA