Kuliner Buka Puasa di Ambon Ramai Pengunjung

Red: Ani Nursalikah

 Selasa 20 Apr 2021 16:37 WIB

Kuliner Buka Puasa di Ambon Ramai Pengunjung Foto: Antara/Rahmad Kuliner Buka Puasa di Ambon Ramai Pengunjung

Pengunjung membeli aneka jajanan untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Sejumlah kawasan kuliner di Kota Ambon, Maluku, seperti di Waihaong depan Masjid Raya Alfatah maupun di Desa Batumerah tampak ramai didatangi pengunjung pada Ramadhan kali ini.

Di depan Masjid Raya Alfatah, Selasa petang (20/4), banyak pengunjung berada di kawasan itu membeli kue untuk hidangan berbuka puasa. Hamidah, yang tinggal tidak jauh dari Masjid Alfatah, mengatakan hampir setiap sore ia mampir membeli makanan berbuka puasa.

Sejak dibukanya lokasi jualan kue berbuka dari hari pertama Ramadhan sampai sekarang, banyak warga yang berbelanja makanan di tempat itu. Mereka membeli jajanan seperti kolak pisang, kacang hijau, berbagai minuman dingin, dan juga kue-kue.

Baca Juga

"Kebetulan saya membeli kolak pisang dan kolak beras ketam (ketan hitam) masing-masing dua porsi yang dijual dengan harga Rp 10 ribu/porsi untuk dibawa pulang ke rumah," ujarnya.

Pembeli lainnya, Husein, ditemui saat membeli kue asida dengan harga Rp 5.000/buah, mengatakan ia lebih terbiasa berbuka di rumah dengan keluarga, dengan menu takjil seperti kue asida ditambah kue lapis dan es buah.

"Jadi saya membeli yang utama dulu sesuai dengan yang digemari keluarga, baru yang lain," katanya.

Hawa yang menjual berbagai jenis es mulai dari es buah, es campur, es palu butung, es pisang ijo, es kacang, es kacang hijau, dan es kelapa, mengatakan sejak hari pertama puasa banyak pengunjung yang gemar membeli es untuk berbuka, terutama es campur dan pisang ijo.

"Kalau saya dan anak saya ini berjualan berbagai jenis es dari pukul 15.00 WIT sampai pukul 20.30 WIT. Es yang terjual mencapai 55 hingga 60 gelas, di mana harga es rata-rata Rp 10 ribu/gelas," katanya.

Erni yang berjualan kue di dekatnya, ketika ditanya mengatakan, beberapa jenis kue yang ia jual berasal dari orang lain dan bukan buatannya sendiri. Kue lapis bawel, misalnya, ia beli dengan harga Rp 2.000/ potong dan dijual Rp 3.000/potong, lontar susu Rp 2.500/potong dijual Rp 3.500/potong.

Sedangkan, kue panakuk, mendut, janda, panada, bolu kukus, cara, cucur, dan gogos masing-masing Rp 1.500/buah, pisang keju Rp 5.000/empat buah. Ia juga menjual nasi kuning, nasi goreng, ayam lalapan, dan ikan bakar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X