Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Vaksinasinasi Lansia di Tasikmalaya Ditarget Selesai Juni

Selasa 20 Apr 2021 14:50 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha

Pelaksanaan vaksinasi massal kepada lansia di Graha Asia Plaza, Kota Tasikmalaya, Selasa (20/4). Terdapat ratusan lansia yang mengikuti vaksinasi massal tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi massal kepada lansia di Graha Asia Plaza, Kota Tasikmalaya, Selasa (20/4). Terdapat ratusan lansia yang mengikuti vaksinasi massal tersebut.

Foto: Republika/Bayu Adji P
Terdapat sekitar 73 ribu lansia di Tasikmalaya yang jadi sasaran vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan masyarakat kategori lanjut usia (lansia) di Kota Tasikmalaya menjalani vaksinasi Covid-19 secara massal di Graha Asia Plaza, Selasa (20/4). Pelaksanaan dilakukan secara massal bertujuan agar terjadi percepatan vaksinasi kepada lansia.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, secara total terdapat sekitar 73 ribu lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Namun, hingga saat ini baru sekitar 619 lansia yang mendapat vaksinasi dosis pertama dan 338 lansia mendapat vaksinasi dosis kedua.

Baca Juga

Ia menjelaskan, vaksinasi kepada lansia selama ini belum dilakukan secara maksimal. Namun, mulai hari ini akan dilakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi kepada lansia.  "Kita target Juni semua sasaran lansia bisa selesai vaksinasi," kata dia, Selasa.

Menurut Yusuf, para lansia sangat antusias untuk menjalani vaksinasi. Bahkan, ia mengatakan, terdapat lansia yang usianya hampir 100 tahun masih sangat ingin menjalani vaksinasi. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, para lansia yang mengikuti vaksinasi secara massal itu terlihat cukup antusias. Ada lansia yang datang bersama anggota keluarganya yang lebih muda. Namun, ada pula yang datang bersama sesama lansia lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengakui, capaian realisasi vaksinasi kepada lansia di Kota Tasikmalaya memang masih sangat rendah. Secara keseluruhan, lansia yang sudah menjalani vaksinasi belum mencapai 1 persen dari target sasaran. 

Karenanya, saat ini dilakukan akselerasi pelaksanaan vaksinasi kepada lansia. Mengingat, lansia juga merupakan salah satu prioritas penerima vaksinasi Covid-19.

"Hari ini ada sekitar 500 orang lansia yang divaksin secara massal," kata dia. 

Uus menjelaskan, vaksinasi secara massal itu dilakukan dengan menggandeng komunitas Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya (PTT), yang menaungi banyak lansia. Pelaksanaan vaksinasi secara massal itu rencananya akan dilakukan selama dua hari di Graha Asia Plaza.

Selain dilakukan secara massal, vaksinasi kepada lansia juga dilakukan di puskesmas-puskesmas. Menurut dia, para lansia dapat datang sendiri mendaftarkan diri ke puskesmas untuk menjalani vaksinasi.

"Memang masih banyak yang belum terinformasikan soal vaksinasi lansia. Tapi para lansia bisa langsung ke puskesmas untuk menjalani vaksinasi," kata dia.

Ihwal stok vaksin, Uus menilai, ketersediaan saat ini masih mencukupi. Dalam waktu dekat, Kota Tasikmalaya juga akan kembali mendapat distribusi vaksin Covid-19. Ia berharap, tak ada kendala distribusi vaksin dari pusat ke daerah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA