Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Barca ke Liga Super Eropa, Seperti Apa Nasib Kontrak Messi?

Selasa 20 Apr 2021 14:29 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Pemain Barcelona Lionel Messi memegang trofi setelah memenangkan final Copa del Rey Spanyol 2021 melawan Athletic Bilbao di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Sabtu 17 April 2021.

Pemain Barcelona Lionel Messi memegang trofi setelah memenangkan final Copa del Rey Spanyol 2021 melawan Athletic Bilbao di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Sabtu 17 April 2021.

Foto: AP Photo/Angel Fernandez
Para pemain yang berlaga di Liga Super Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ada dimensi baru mengenai kelanjutan masa depan Messi setelah Barcelona memutuskan bergabung dengan Liga Super Eropa. Sebenarnya, akhir-akhir ini Barca semakin dekat dengan target memperpanjang kontrak kapten mereka itu.

Apalagi, penampilan Blaugrana bersama Ronald Koeman terus membaik. Messi kian nyaman mengukir rekor demi rekor.

Teranyar ia membawa Raksasa katalan mendapatkan trofi Copa del Rey. Pada partai final, pasukan Koeman menundukkan Athletic Bilbao, empat gol tanpa balas.

Namun, keputusan Barca mendukung terselenggaranya Liga Super Eropa, bisa membuat sang bintang menjauh? Mengapa demikian?

Begini penjelasannya. Dengan menjadi salah satu tim yang berlaga di kompetisi terbaru ini, Barcelona sudah mendapatkan 300 juta euro.

Itu hanya uang partisipasi. Dengan dana tersebut, Barca bisa membangun proyek olahraga mereka, termasuk mempertahankan Messi.

"Namun itu semua tergantung dari misi La Pulga di turnamen internasional (antar negara)," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Selasa (20/4).

Para pemain yang berlaga di Liga Super Eropa, bakal dilarang membela timnas masing-masing di turnamen di bawah FIFA dan UEFA. Dalam 18 bulan ke depan, akan ada Copa Amerika dan Piala Dunia.

Saat ini Messi berstatus kapten Argentina. Ia belum pernah menjuarai turnamen apapun dengan negaranya di level senior.

"Sepertinya ini kesempatan terakhir bagi Messi untuk memenangkan trofi internasional," tambah laporan dari Marca.

Prestasi terbaiknya di Argentina adalah menjuara Piala Dunia U-20 2005, dan meraih medali emas Olimpiade 2008. Di level senior, ia cuma bisa merasakan dua final Copa Amerika dan satu partai puncak Piala Dunia 2014.

Usia Messi bakal menyentuh angka 34 pada Juni tahun ini. Ia harus benar-benar membuat keputusan terbaik.

Jika pada akhirnya harus meninggalkan Barcelona, ada beberapa klub besar yang tidak tergabung di Liga Super Eropa. Paris Saint Germain salah satunya. Dengan membela PSG nanti, Messi tetap dizinkan memperkuat timnas Argentina.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA