10 Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 20 Apr 2021 12:40 WIB

10 Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa. Warga membeli takjil gorengan dan makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Selasa (13/4). Pada hari pertama puasa, Pasar Takjil Benhil mulai dipadati sejumlah pedagang   dengan tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya menyediakan handsanitizer, menggunakan masker serta pengaturan jarak fisik antar pedagang, hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19. Republika/Thoudy Badai Foto: Republika/Thoudy Badai 10 Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa. Warga membeli takjil gorengan dan makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Selasa (13/4). Pada hari pertama puasa, Pasar Takjil Benhil mulai dipadati sejumlah pedagang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya menyediakan handsanitizer, menggunakan masker serta pengaturan jarak fisik antar pedagang, hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19. Republika/Thoudy Badai

Cobalah tetap aktif selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam terbiasa berkumpul bersama saat berbuka puasa untuk berbagi makanan lezat. Hidangan seperti gorengan, nasi, atau makanan penutup yang manis akan tersaji di meja.

Banyaknya makanan yang disajikan ketika perut lapar kerap membuat khilaf hingga melahap semua makanan tersebut. Hal ini seringkali menyebabkan penambahan berat badan yang pada akhirnya dikeluhkan.

Baca Juga

Ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai Sara Abdelghany mengatakan, dengan mengikuti tips sederhana beriku, penambahan berat badan selama Ramadan dapat dihindari sehingga memungkinkan semua orang menikmati bulan suci. Dilansir di Al Arabiya, berikut ini 10 tips yang dapat diikuti untuk menjaga berat badan selama Ramadhan.

1. Pastikan mengonsumsi protein dan sayuran dalam porsi yang baik serta karbohidrat kompleks dalam jumlah sedang selama buka puasa dan sahur.

2. Hindari makanan yang digoreng sebisa mungkin. Sebagai gantinya, makanan pembuka dan kue panggang oven untuk membatasi jumlah minyak yang dikonsumsi.

3. Hindari membangun kalori melalui minuman, seperti jus, minuman Ramadhan populer, dan minuman ringan.

4. Hindari terlalu banyak makan kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Meski sehat, mereka tetap tinggi kalori.

5. Hindari makan berlebihan hingga kekenyangan.

6. Pastikan setidaknya 70 persen camilan yang dimakan sehat. Manjakan diri dengan makanan penutup, tetapi batasi jumlah makanan manis yang dimakan.

7. Pastikan makan makanan yang tepat saat lapar dan hindari mengemil permen atau kue kering.

8. Hindari memiliki terlalu banyak pilihan dan variasi makanan ketika berbuka puasa atau sahur. Ini akan mendorong rasa ingin makan lebih banyak.

9. Jika sebelum Ramadhan sudah rutin berolahraga, jangan hentikan rutinitas tersebut. Hanya saja kurangi intensitas latihan dan usahakan berolahraga tiga hingga empat kali dalam seminggu.

10. Cobalah tetap aktif sepanjang bulan dan lakukan 10 ribu langkah setiap hari. Ini tidak harus dilakukan sekaligus dan dapat dibagi sebelum dan sesudah buka puasa.

 

https://english.alarabiya.net/features/2021/04/18/Ramadan-Ten-tips-to-avoid-weight-gain-from-a-UAE-based-clinical-dietician-

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X