Selasa 20 Apr 2021 12:31 WIB

BRIncubator 2021 Jadi Ajang UMKM Kuliner Go Global

BRIIncubator lakukan pembinaan dan 30 UMKM kuliner agar siap masuk pasar asing

 Ajang pembinaan dan inkubasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahunan BRIncubator kembali digelar. Tahun ini, BRIncubator akan diselenggarakan dengan tajuk BRIncubator Go Global. Tahap pertama pembinaan UMKM ini akan dilakukan BRIpada April hingga akhir Mei 2021.
Foto: BRI
Ajang pembinaan dan inkubasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahunan BRIncubator kembali digelar. Tahun ini, BRIncubator akan diselenggarakan dengan tajuk BRIncubator Go Global. Tahap pertama pembinaan UMKM ini akan dilakukan BRIpada April hingga akhir Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang pembinaan dan inkubasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahunan BRIncubator kembali digelar. Tahun ini, BRIncubator akan diselenggarakan dengan tajuk BRIncubator Go Global. Tahap pertama pembinaan UMKM ini akan dilakukan BRIpada April hingga akhir Mei 2021.

Dalam BRIncubator Go Global 2021, pembinaan dan inkubasi dilakukan terhadap UMKM di bidang kuliner. Ada 30 UMKM yang sudah terpilih menjadi peserta acara, setelah mereka melalui seleksi dari 1.355 UMKM yang mendaftar. Nantinya, puluhan UMKM ini akan mendapat pembinaan pola pikir (mindset), skill, dan attitude agar bisa langsung menguasai pengetahuan kewirausahaan dasar serta masuk ke bisnis digital.

Pada sambutannya di acara peluncuran BRIncubator 2021, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara pembinaan UMKM tahunan oleh BRI. Dia berharap melalui BRIncubator Go Global 2021 akan ada banyak pelaku UMKM sektor kuliner yang bertransformasi, masuk ekosistem digital, serta siap bersaing di pasar global.

Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional BPS, hingga 2020 lalu rasio kewirausahaan di Indonesia ada pada angka 3,47 persen. Angka ini ada di bawah rasio kewirausahaan negara-negara tetangga seperti Thailand (4,26 persen), Malaysia (4,74 persen), dan Singapura (8,76 persen). Melihat kondisi tersebut, pemerintah berniat untuk segera meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia menjadi 4 persen lebih.

“Pengembangan kewirausahaan lewat pendekatan inkubasi merupakan solusi untuk meningkatkan persentase kewirausahaan kita. Kita akan menuju ke negara maju dan minimum memiliki 4 persen (rasio) kewirausahaan kita, jadi ini PR kita bersama. Pendekatan inkubasi untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru dari yang eksisting saat ini, dari UMKM yang unggul ini, menjadi penting kita kolaborasikan bersama-sama,” ujar Teten.

Dia juga menyebut keberadaan UMKM yang sudah Go Digital dan produktif adalah kunci pemulihan ekonomi. Karena itu, acara seperti BRIncubator memegang peran penting dalam membantu pemulihan ekonomi, dengan cara menyiapkan semakin banyak UMKM yang siap masuk ekosistem digital.

Apresiasi senada pun diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang hadir dalam acara daring tersebut. “Pandemi Covid-19 telah membawa kita ke sebuah era kenormalan baru. Salah satunya adalah para pelaku usaha harus mulai melakukan transformasi digital dan menjadi pelaku usaha yang terbuka, inovatif, lincah, serta mampu berkolaborasi. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun para evaluator U-Coach akan menyeleksi para pelaku ekraf (ekonomi kreatif) kuliner secara professional sesuai dengan kebutuhan program ini. Disinilah kunci awal untuk mencari ekraf kuliner yang tepat sehingga bisa mendapatkan calon-calon local heroes,” papar Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement