Selasa 20 Apr 2021 11:35 WIB

Disiarkan TV Arirang, K-Pop Jadi Media Diplomasi Indonesia

Umar jadi dubes negara sahabat pertama yang diajak hadiri World Tour Contact-Free

Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi bersama  artis K-Pop,Yoon Ji Sung.
Foto: Dokumentasi KBRI Seoul
Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi bersama artis K-Pop,Yoon Ji Sung.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Konser Dunia Bebas Kontak atau World Tour Contact-Free bintang pop Korea (K-Pop) menjadi media diplomasi Indonesia. Acara yang ditayangkan TV Korea Selatan (Korsel), Arirang, Senin (19/4) itu menampilkan Duta Besar untuk Korsel, Umar Hadi. 

“Baik Indonesia maupun Korea Selatan memiliki sejarah budaya yang panjang, termasuk di bidang musik, dari folk sampai musik pop. Hal ini membuat masyarakat Indonesia gemar mendengar lagu K-Pop dengan lirik yang catchy dan up to date, demikian pula sebaliknya,” kata Umar, saat hadir sebagai tamu kehormatan World Tour Contact-Free, seperti dimuat dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin.

Umar adalah duta besar negara sahabat pertama yang diundang untuk menghadiri langsung konser K-Pop yang diselenggarakan secara hybrid. Konser ditayangkan melalui akun Youtube, yang dapat diklik di channel Arirang K-Pop. Sebanyak 500 orang generasi muda dari Indonesia diundang untuk menonton lewat ZOOM. 

Ada tujuh artis dan K-Pop band dari Korsel yang tampil yaitu Yoon Ji-yong, Only One Of, StayC, DKB, Mirae, Lunarsolar, dan T1419. Penampilan istimewa dari Sohee of Nature yang menyanyikan lagu “Untuk Apa” oleh Maudy Ayunda, penyanyi muda Indonesia yang digemari generasi millennial Korsel. 

Di panggung, Umar sempat diwawancarai oleh pasangan duo MC Korsel yang sedang naik daun, Jacob and Kevin The Boyz. Saat itu, Umar berpesan, generasi muda Indonesia dan Korsel jangan hanyut dengan corona blues, atau sedih akibat masa pandemi. Menurutnya, mereka harus terus semangat, aktif menjalin kerja sama, dan kemitraan untuk kedepankan kreativitas serta inovasi sambil senantiasa menjaga kesehatan. 

Pada akhir acara, kelompok musik K-Pop remaja pria dan wanita mengundang Umar untuk berfoto bersama sambil menyampaikan harapan mereka untuk berwisata ke Indonesia, khususnya Bali. 

Musik menjadi salah satu subsektor potensial ekonomi kreatif di Indonesia yang sedang digalakkan dalam promosi ekonomi kreatif Indonesia ke Korea Selatan. Beberapa waktu lalu, Kedutaan Besar RI di Seoul turut mendukung dan menghadiri peluncuran lagu baru Rossa dalam Bahasa Korea yaitu Sangcheo Badeun Maeum  atau The Heart You Hurt dalam Bahasa Inggris. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement