Selasa 20 Apr 2021 11:58 WIB

Soal Liga Super Eropa, Bielsa: Sepak Bola Milik Suporter

Sekitar 700 pendukung berkumpul di luar stadion jelang laga Leeds vs Liverpool.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
 Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa mengikuti pertandingan tersebut selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Tottenham Hotspur dan Leeds United di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu, 2 Januari 2021.
Foto: Andy Rain / Pool via AP
Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa mengikuti pertandingan tersebut selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Tottenham Hotspur dan Leeds United di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu, 2 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa menekankan bahwa pemilik sebenarnya dari sepak bola adalah para suporter. Sebanyak 12 klub telah mendaftar sebagai anggota Liga Super Eropa, yang mengancan perang saudara di seluruh dunia.

Di antara jumlah itu adalah lawan Leeds United di Elland Road, Selasa (20/4). Sebuah penyelesaian dramatis dari Diego Llorente menjadi gol penyeimbang yang pantas untuk Leeds untuk membatalkan gol pembuka Sadio Mane.

Sebelumnya, sekitar 700 pendukung berkumpul di luar stadion menjelang pertandingan, baik penggemar Leeds maupun Liverpool, untuk berdemonstrasi menentang liga yang diusulkan, yang mengancam kesejahteraan sepak bola domestik di negara tersebut.

Sebuah pesawat yang menampilkan pesan 'Say No to Super League' terbang di atas Elland Road menjelang pertandingan. Liverpool adalah salah satu dari enam besar klub Inggris yang telah mendaftar ke liga baru, yang telah memicu kemarahan massa di Inggris dan Eropa.

Para pemain Leeds mengenakan kaus bertuliskan "Sepak bola adalah untuk Penggemar" ketika mereka melakukan pemanasan dan pakaian itu juga ditempatkan di ruang ganti Liverpool sebelum pertandingan, tetapi tidak dikenakan.

"Sepak bola adalah milik semua orang. Bahkan, jika ada pemilik, pemilik sebenarnya dari sepak bola adalah orang-orang yang menyukai lencana dan tanpa mereka, sepak bola akan menghilang," kata Bielsa dikutip dari Yorkshire Post, Selasa (20/4).

Ia menegaskan setiap keputusan yang menyerang semua orang yang merupakan penggemar sepak bola, hak istimewa alias bisnis hanyalah satu sektor dan taruhan pada masa depan.

"Tentu saja, ada tim berbeda yang lebih penting dari yang lain, tapi mereka (semua klub ESL) harus sadar akan kebutuhan yang kami butuhkan satu sama lain karena sepak bola selalu memiliki pandangan yang lebih komersial sekarang," katanya.

Ia memahami bahwa dalam dunia bisnis hanya melihat aspek ekonomi yang paling banyak diminati oleh mereka yang memproduksi. Itu adalah sesuatu yang umum di dunia bisnis, tapi sepak bola bukan hanya bisnis.

"Tentu saja itu merugikan sepak bola. Ini seharusnya tidak mengejutkan kita semua. Tim yang lebih kuat berpikir mereka memiliki pengaruh paling besar untuk menghasilkan pendapatan dalam sepak bola dan jika Anda memperhitungkan logika ini, ketika tim lainnya tidak lagi diperlukan untuk mereka, mereka mengambil hak istimewa untuk kepentingan mereka sendiri dan melupakan sisanya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement