Selasa 20 Apr 2021 06:26 WIB

Penerbangan Ingenuity, Langkah Awal Misi Berawak ke Mars

Helikopter mini Ingenuity sukses terbang di planet Mars, Senin (19/4).

Ingenuity berhasil terbang di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.
Foto: nasa
Ingenuity berhasil terbang di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Helikopter mini Ingenuity sukses terbang di planet Mars. Langkah kecil ini membuka cakrawala lebih besar, yakni penerbangan ulang alik ke planet merah tetangga Bumi itu.

Sukses terbang perdana helikopter mini di planet Mars Senin (19/4) menunjukkan teknologi ini juga bisa berfungsi di planet lain di luar Bumi. Dengan begitu, terbuka peluang untuk misi ulang alik ke planet merah tetangga kita ini.

Baca Juga

"Data altimeter mengkonfirmasi, Ingenuity sudah melakukan terbang perdana sebuah wahana bermotor di planet lain”, demikian pengumuman para insinyur di ruang pengendali Jet Propulsion Laboratory.

Sebuah klip pendek yang dikirimkan oleh rover Perseverance ke ruang pengendali menunjukkan, helikopter mini itu mula-mula berada di tanah, lalu melayang setinggi 3 meter di atas permukaan Mars dan kemudian mendarat kembali. Ingenuity mengirim foto hitam putih dari kamera yang diarahkan ke bawah, menunjukkan bayangan drone itu di permukaan Mars.

"Kami sekarang bisa mengatakan, manusia telah menerbangkan wahana berbaling-baling di planet lain”, ujar MiMi Aung, manajer proyek Ingenuity kepada tim misi Mars 2020.

Ingenuity lebih tepat disebut drone ketimbang helikopter. Bobotnya 1,8 kilogram (di Bumi) atau hanya sekitar 680 gram di planet Mars yang gaya gravitasinya hanya sekitar sepertiga gravitasi Bumi. Drone dilengkapi, antenna, sel surya dan kamera serta sensor termodern untuk penelitian planet merah itu.

Rotornya memiliki panjang total dari ujung ke ujung 1,2 meter. Ingenuity punya daya jelajah hingga lebih 300 meter pada ketinggian sekitar 3 meter. Helikopter mini ini bergerak otonom dan tidak tergantung lagi pada rover Perseverance.

Ingenuity mengatasi kendala atmosfer dan cuaca.....

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement