Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Mulut Kering Jadi Penyebab Bau tak Sedap

Selasa 20 Apr 2021 01:27 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bau mulut, ilustrasi

Bau mulut, ilustrasi

Memakai masker membuat mulut menjadi lebih bau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemakaian masker bisa saat berpuasa bisa membuat mulut menjadi lebih bau. Sebab, mulut cenderung semakin kering sehingga memperparah penumpukan bakteri di rongga mulut.

Singapore Department of Restorative Dentistry, Periodontic Unit, Koh Chu Guanyang mengatakan, ada bakteri yang hidup di mulut sepanjang waktu. Saat Anda bernafas, udara lembap dan bau busuk yang dihasilkan bakteri terperangkap di kain masker. Saat tetesannya mengering, mereka meninggalkan bau di kain masker.

"Kainnya mungkin tidak masalah. Jika bahannya tipis, maka mungkin memerangkap lebih sedikit udara dan karenanya, pemakainya mungkin kurang menyadari halitosis," kata dia.

Baca Juga

Selain itu, Anda bisa menggunakan mulut untuk bernapas saat memakai masker dan itu bisa menyebabkan efek mengeringkan. Mulut yang lebih kering, terutama jika Anda tidak minum cukup air, dapat menyebabkan bau mulut.

"Kondisi diperburuk jika Anda merokok atau mengonsumsi minuman diuretik seperti kopi," tutur Koh.

Untuk mengetahui Anda bau mulut atau tidak, lepaskan masker Anda dan bernapaslah sembari menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan. "Bau tidak akan muncul karena masker. Bahkan jika Anda telah melawan halitosis selama ini, memakai masker tidak memperburuknya," ujar Koh.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA