Selasa 20 Apr 2021 01:27 WIB

Mulut Kering Jadi Penyebab Bau tak Sedap

Memakai masker membuat mulut menjadi lebih bau.

Bau mulut, ilustrasi
Bau mulut, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemakaian masker bisa saat berpuasa bisa membuat mulut menjadi lebih bau. Sebab, mulut cenderung semakin kering sehingga memperparah penumpukan bakteri di rongga mulut.

Singapore Department of Restorative Dentistry, Periodontic Unit, Koh Chu Guanyang mengatakan, ada bakteri yang hidup di mulut sepanjang waktu. Saat Anda bernafas, udara lembap dan bau busuk yang dihasilkan bakteri terperangkap di kain masker. Saat tetesannya mengering, mereka meninggalkan bau di kain masker.

Baca Juga

"Kainnya mungkin tidak masalah. Jika bahannya tipis, maka mungkin memerangkap lebih sedikit udara dan karenanya, pemakainya mungkin kurang menyadari halitosis," kata dia.

Selain itu, Anda bisa menggunakan mulut untuk bernapas saat memakai masker dan itu bisa menyebabkan efek mengeringkan. Mulut yang lebih kering, terutama jika Anda tidak minum cukup air, dapat menyebabkan bau mulut.

"Kondisi diperburuk jika Anda merokok atau mengonsumsi minuman diuretik seperti kopi," tutur Koh.

Untuk mengetahui Anda bau mulut atau tidak, lepaskan masker Anda dan bernapaslah sembari menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan. "Bau tidak akan muncul karena masker. Bahkan jika Anda telah melawan halitosis selama ini, memakai masker tidak memperburuknya," ujar Koh.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement