Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Profesi yang Digeluti Para Perempuan di Masa Awal Islam

Senin 19 Apr 2021 23:30 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Para sahabat Muslimah Rasulullah SAW juga mempunyai pekerjaan. Ilustrasi Muslimah

Para sahabat Muslimah Rasulullah SAW juga mempunyai pekerjaan. Ilustrasi Muslimah

Foto: Mgrol120
Para sahabat Muslimah Rasulullah SAW juga mempunyai pekerjaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Profesi yang dilakoni para perempuan di masa kenabian Nabi Muhammad SAW dan sejarah Islam begitu beragam. Kemampuan mereka di profesi yang digelutinya memberikan kontribusi yang nyata bagi umat Muslim saat itu.

Salah satu profesi yang dijalankan perempuan kala itu ialah pebisnis, seperti yang dilakukan istri Nabi Muhammad SAW, Khadijah. Selain pebisnis, ada pula perempuan yang menjalankan profesi di bidang medis, seperti Rufaida Al-Islamiyah.

Sedangkan yang bekerja di sektor pertanian dan juga beternak domba, ialah Asma binti Abu Bakar. Dan perempuan yang jago dalam hal manajemen dan perhitungan adalah Syifa bin Abdullah bin Abd Syams.

Baca Juga

Bahkan, Khalifah Umar bin Khattab pun sampai sering minta nasihat kepadanya terkait masalah administrasi dan urusan pasar. Sedangkan Asma binti Umais disebut memiliki keterampilan menyamak dan dia mampu menyamak 40 kulit dalam satu hari.

Zainab binti Jahsy juga memiliki keterampilan menyamak kulit dan menghabiskan sebagian besar harta yang diperoleh dari keuntungan bisnisnya itu untuk sedekah.

Halimah al-Sa'diyah menyusui Nabi Muhammad SAW, dan Umm Kultsum binti Ali bin Abi Thalib tetap bekerja saat hamil. Di bidang pendidikan, ada Syifa binti Abdullah Qurashi yang menekuni bidang tersebut.

ن غَرَسَ هذا النَّخْلَ؟ أَمُسْلِمٌ أَمْ كَافِرٌ؟ فَقالَتْ: بَلْ مُسْلِمٌ، قالَ: فلا يَغْرِسُ المُسْلِمُ غَرْسًا، فَيَأْكُلَ منه إنْسَانٌ، وَلَا دَابَّةٌ، وَلَا طَيْرٌ، إلَّا كانَ له صَدَقة إلى يَومِ القِيَامَةِ

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW berkata kepada Ummu Bisyr al-Ansariyyah, "Tidaklah seorang Muslim menanam tanaman lalu memakannya baik manusia atau keledai atau burung kecuali itu akan menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat." (HR Muslim)

Hadits tersebut menunjukkan persetujuan Nabi SAW terhadap pekerjaan yang dilakoni perempuan. Ada banyak contoh lain yang menggambarkan berbagai kontribusi perempuan di masa Nabi Muhammad SAW.

 

Sumber: mawdoo3

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA