Senin 19 Apr 2021 23:13 WIB

Suasana Ramadhan di Beberapa Masjid di Tanah Air

.

Red: Yogi Ardhi

Bangunan Masjid Raudhatul Jannah nampak dari depan di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (19/4/2021). Masjid Raudhatul Jannah memiliki desain bangun menyerupai Masjid Al-Aqsa di Palestina serta disetiap sudutnya terdapat pohon kurma dan masjid ini banyak didatangi waktu salat serta menanti waktu berbuka puasa Ramadhan. (FOTO : Antara/Jojon)

Foto udara Bangunan Masjid Raudhatul Jannah di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (19/4/2021). Masjid Raudhatul Jannah memiliki desain bangun menyerupai Masjid Al-Aqsa di Palestina serta disetiap sudutnya terdapat pohon kurma dan masjid ini banyak didatangi waktu salat serta menanti waktu berbuka puasa Ramadhan. (FOTO : Antara/Jojon)

Anak berjalan melintasi Masjid Kuno Baitul Arsy, Pandeglang, Banten, Senin (19/4/2021). Menurut warga setempat masjid yang sebagain konstruksinya dibangun menggunakan kayu tersebut diperkirakan berusia lebih dari 400 tahun. (FOTO : MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS/ANTARA )

Warga beraktivitas di Masjid Kuno Baitul Arsy, Pandeglang, Banten, Senin (19/4/2021). Menurut warga setempat masjid yang sebagain konstruksinya dibangun menggunakan kayu tersebut diperkirakan berusia lebih dari 400 tahun. (FOTO : MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS/ANTARA )

Warga berjalan menuruni tangga rumah ibadah bersejarah, Masjid Tua Indrapuri, Kecamatan Indra Puri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin (19/4/2021). Situs sejarah Masjid Indrapuri berkontruksi kayu dan kubahnya berbentuk piramida itu merupakan bekas istana dan candi kerajaan Hindu Lamuri abad ke-12 Masehi di Aceh dan pada masa kerajaan Sultan Iskandar Muda abad 1618 Masehi dijadikan sebagai masjid. (FOTO : ANTARA/Ampelsa)

Petugas membersihkan ruangan dalam rumah ibadah bersejarah, Masjid Tua Indrapuri, Kecamatan Indra Puri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin (19/4/2021). Situs sejarah Masjid Indrapuri berkontruksi kayu dan kubahnya berbentuk piramida itu merupakan bekas istana dan candi kerajaan Hindu Lamuri abad ke-12 Masehi di Aceh dan pada masa kerajaan Sultan Iskandar Muda abad 1618 Masehi dijadikan sebagai masjid. (FOTO : ANTARA/Ampelsa)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada bulan suci Ramadhan masjid menjadi salah satu pusat kegiatan umat. Baik sebagai tempat aktivitas ibadah berjamaah atau pun sendiri-sendiri. Atau hanya sekedar menghabiskan waktu hingga saat berbuka tiba.

Keberadaan masjid masing-masing pun menampilkan sisi daya tarik masing-masing. Mulai dari umur masjid yang tua hingga desainnya yang menarik. 

Bangunan Masjid Raudhatul Jannah di Kendari misalnya. Tampak dari depan di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kendari, memiliki desain bangun menyerupai bangunan Kubah Batu As Shakrah yang ada di area kompleks Masjid Al-Aqsa di Palestina. Bangunan yang sering disalahkan sebagai Masjid Al Aqsa ini memiliki kubah berwarna emas ini termasuk bangunan ikonik Palestina.

Sementara di Pandeglang, terdapat Masjid Kuno Baitul Arsy, . Menurut warga setempat masjid yang sebagain konstruksinya dibangun menggunakan kayu tersebut diperkirakan berusia lebih dari 400 tahun. 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement