Resep Muffin Selai Kacang tanpa Tepung untuk Buka Puasa

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nashih Nashrullah

 Senin 19 Apr 2021 22:58 WIB

Selai kacang bisa dikreasikan untuk menu hidangan berbuka puasa. Selai kacang (ilustrasi) Foto: Flickr Selai kacang bisa dikreasikan untuk menu hidangan berbuka puasa. Selai kacang (ilustrasi)

Selai kacang bisa dikreasikan untuk menu hidangan berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA- Selai kacang bukanlah makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi, penyajian selai kacang seringkali masih monoton sebagai pelengkap roti lapis. 

Padahal, selai kacang juga bisa dikreasikan menjadi menu menggugah selera yang cocok untuk menemani waktu berbuka puasa.

Salah satu resep menarik berbahan selai kacang yang cocok untuk berbuka puasa adalah Quick Flourless Peanut Butter Muffins dari Skippy Peanut Butter. Resep ini terbilang unik karena tak membutuhkan tepung dan proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Baca Juga

Resep Quick Flourless Peanut Butter Muffins ini juga cocok untuk para Muslim yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan selama Ramadhan. Karena selain tanpa tepung, resep ini juga memiliki rasa yang manis namun rendah kalori.

Berikut ini adalah bahan dan cara pembuatan Quick Flourless Peanut Butter Muffins ala Skippy Peanut Butter, seperti disampaikan kepada Republika.co.id melalui rilis.

Bahan Muffin:

  • 1 cangkir Skippy Natural Peanut Butter Spread
  • 2 butir telur besar
  • 2 pisang sangat matang berukuran sedang
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt vanilla
  • 2 sdm madu
Bahan Topping (Opsional):

  • Dark choco chip
  • Kismis
  • Blueberry
Cara Pembuatan:

  1. Panaskan oven di suhu 400 derajat Fahrenheit atau sekitar 204,4 derajat Celsius 
  2. Masukkan seluruh bahan Muffin, mulai dari selai kacang hingga madu, ke dalam blender 
  3. Campurkan semua bahan hingga halus 
  4. Siapkan beberapa cetakan muffin berukuran standar yang sudah diolesi mentega, tuangkan adonan ke dalam cetakan tersebut 
  5. Hiasi bagian atas adonan dengan topping pilihan sesuai selera, panggang selama 12 menit atau sampai muffin matang sempurna
  6. Muffin siap disajikan.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X