5 Cara Memaksimalkan Ibadah Ramadhan Jika tak Bisa Puasa

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 20 Apr 2021 05:55 WIB

5 Cara Memaksimalkan Ibadah Ramadhan Jika tak Bisa Puasa. Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay 5 Cara Memaksimalkan Ibadah Ramadhan Jika tak Bisa Puasa. Ilustrasi Ramadhan

Meski berhalangan puasa, ada cara tetap memperoleh pahala Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa alasan seseorang tidak maksimal menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Misalnya, orang yang sakit berat dirawat di rumah sakit, wanita yang habis melahirkan, wanita yang mengalami menstruasi dan sebagainya.

Namun, ada cara agar mereka bisa memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. Dilansir di About Islam, Senin (19/4), berikut lima cara agar dapat memaksimalkan dan memanfaatkan bulan Ramadhan.

Diawali dengan niat 

Baca Juga

Sebuah hadits terkenal di kalangan Muslim mengutip Nabi SAW yang mengatakan "Allah tidak melihat penampilan atau kekayaan Anda, tetapi melihat hati dan tindakan Anda,".

Jika hati Anda rindu untuk menyembah Allah, berpuasa, berdoa pada malam yang panjang dengan sendirinya merupakan tindakan penyembahan dimana Allah memberi Anda pahala. Kalau Anda merasa ketinggalan mungkin sebenarnya, itu memberi Anda banyak pahala bahkan tanpa Anda memahaminya. 

Untuk perempuan yang mengalami menstruasi atau pendarahan usai melahirkan, ini bisa menjadi lebih baik. Allah berfirman dalam Alquran: "Siapa pun yang menaati Tuhan dan Utusan-Nya, berdiri dengan kagum pada Tuhan, dan menjaga kewajibannya kepada-Nya akan menang,".

Jadi, meski tidak bisa berpuasa dan tidak membaca Alquran, Anda sebenarnya menyembah Allah karena Anda mematuhi perintah-Nya dan perintah Nabi melalui aktivitas Anda. Oleh karena itu, jangan pernah merasa Allah tidak memberi Anda kesempatan. Faktanya, Anda tetap diberi kenikmatan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X