Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Tahan Imbang PSS, Persib Lolos ke Final Piala Menpora

Senin 19 Apr 2021 22:39 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Persib Bandung Frets Listanto Butuan (kiri) berusaha melewati adangan dua pemain PSS Sleman Fabiano Rosa Beltrame (kedua kiri) dan Muhammad Bagus Nirwanto (kedua kanan) pada pertandingan semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4).

Pemain Persib Bandung Frets Listanto Butuan (kiri) berusaha melewati adangan dua pemain PSS Sleman Fabiano Rosa Beltrame (kedua kiri) dan Muhammad Bagus Nirwanto (kedua kanan) pada pertandingan semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4).

Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Persib akan menghadapi Persija Jakarta di laga final Piala Menpora 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung lolos ke babak final usai menahan imbang 1-1 PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4). Skor agregat 3-2 membuat Persib akan menghadapi Persija Jakarta di laga final Piala Menpora 2021.

Persib kembali mendapat kekuatan dari Ezra Walian dan Wander Luiz di lini depan. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memberikan ban kapten pada Supardi Nasir yang baru mencatat penampilan perdananya di turnamen ini.

Sementara itu tidak banyak perubahan dari PSS Sleman. Pelatih PSS, Dejan Antonic, mempercayakan lini depan pada pemain mudanya, Saddam Gaffar.

Jalannya pertandingan, Persib mendominasi awal laga dengan peluang dari Frets Butuan dan Ezra Walian di menit lima. Tempo permainan masih cukup lambat karena tidak ada banyak pergerakan mencolok dari kedua tim.

Menit 29, tendangan pojok Frets Butuan masih belum bisa dieksekusi dengan baik oleh Wander Luiz. Belum ada serangan berarti dari kedua tim sampai menit 41 tendangan bebas Persib masih bisa dihalau oleh Fabiano.

Menit 43, tendangan bebas yang dieksekusi oleh Luiz masih bisa dihalau oleh Ega. Wasit memberikan perpanjangan waktu empat menit dan gagal dimanfaatkan oleh kedua tim untuk mencetak gol. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Babak kedua diawali dengan peluang beruntun dari Irfan Jaya. Tempo permainan pun meningkat dengan adanya serangan dari kedua tim.
Menit 52 Beckham melakukan tendangan bebas usai Febri Hariyadi dijegal oleh Derry, meski masih gagal dieksekusi Persib.

Menit 58, tendangan keras Frets masih bisa dihalau oleh Miswar. Menit 64, PSS bermain dengan 10 pemain setelah Fabiano mendapatkan kartu kuning keduanya alias mendapat kartu merah.

Persib kembali menekan pertahanan PSS. Menit 73, PSS melakukan serangan balik dan Saddam Gaffar menjebol gawang Made Wirawan dengan tendangan keras di dekat kotak penalti. Skor sementara 1-0 atas keunggulan PSS Sleman.

Tertinggal satu gol membuat Persib mencoba untuk menyerang PSS. Hasilnya, umpan dari Ardi berhasil dieksekusi oleh Ezra Walian. Skor berubah menjadi 1-1.

Wasit memberikan waktu perpanjangan lima menit untuk akhir babak kedua. Tendangan keras Irfan Jaya masih melenceng. Aksi saling serang diberikan kedua tim untuk di tiga menit waktu yang tersisa.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Atas hasil tersebut, Persib lolos ke babak final dan bertemu dengan Persija pada Kamis (22/4).

Daftar Susunan Pemain

PSS Sleman:
Ega Rizky (45' Miswar Saputra), Aaron Evans, Arthur Irawan (52' Irhkam Mila), Fabiano Beltrame, Bagus Nirwanto, Kim Kurniawan, Mario Maslac, Derry Rachman (52' Samsul Arifin), Irfan Jaya, Saddam Gaffar (82' Wahyu Sukarta), dan Nico Velez

Persib Bandung:
I Made Wirawan, Ardi Idrus, Nick Kuipers, Supardi, Victor Igbonefo, Beckham Putra (78' Abdul Aziz), Dedi Kusnandar (38' Farshad Noor), Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan, dan Wander Luiz.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA