Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Keceriaan di Santunan Anak Yatim Pesantren Cendikia Amanah

Senin 19 Apr 2021 22:04 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Pondok Pesantren Cendikia Amanah menggelar acara santunan dan buka puasa terbatas bersama anak yatim di Depok, Ahad (18/4).

Pondok Pesantren Cendikia Amanah menggelar acara santunan dan buka puasa terbatas bersama anak yatim di Depok, Ahad (18/4).

Foto: Republika/Muhyiddin
Pesantren Cendikia Amanah memberikan santunan kepada anak-anak yatim

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Pondok Pesantren Cendikia Amanah menggelar acara santunan dan buka puasa terbatas bersama anak yatim di Depok, Ahad (18/4). 

Acara bertema "Ramadhan Fun" tersebut juga diisi dengan tausiyah agama oleh Ustaz Taufiqurrahman atau Ustadz Pantun dan Habib Husein bin Ja'far.

Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah, KH Cholil Nafis mengatakan, di bulan Ramadhan tahun ini pesantren memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim. Namun, yang hadir ke lokasi hanya 50 anak karena adanya pandemi Covid-19. 

Baca Juga

"Kita tetap membiasakan santunan anak yatim, ada 1.000 anak yatim yang kami santuni tapi yang hadir hanya 50 karena protokol kesehatan itu. Per anak kami kasih bingkisan dan uang jajan," ujar Kiai Cholil di Ponpes Cendikia Amanah Depok, Ahad (18/4).  

Ketua MUI Pusat ini mengatakan, ada beberapa keutamaan bagi yang menyantuni anak yatim. Di antaranya akan membersihkan pikiran, menghilangkan kekerasan hatinya, sekaligus menjadikan hati orang bersangkutan menjadi lembut. "Kalalu ingin hatinya lembut maka kita santuni anak yatim," ucapnya. 

Selain memberikan santunan dan berbuka bersama anak yatim, Penpes Cendikia Amanah bersama Telkom Indonesia juga meluncurkan Pesantren Go Digital. Menurut Kiai Cholil, Pesantren Cendikia Amanah diharapkan bisa menjadi proyek percontohan sebagai pesantren digital di Indonesia. 

"Kami ingin jadi pilot project pesantren pesantren di Indonesia, bagaimana kita melalui digital ini semua bisa diperbaiki, berkenaan dengan keuangan orang bisa bayar langsung via digital, dan laporan keuangan juga. Bahkan anaknya jajan di mana dan belanja di manapun bisa diakses," ucap Kiai Cholil.  

Melalui kegiatan tersebut, Kiai Cholil berharap Pesantren Cendikia Amanah bisa mendapatkan barokah dari anak yatim dan bisa tetap lestari untuk memberikan pendidikan agama, serta menjadi pesantren digital. "Mudah-mudahan mendapatkan barokah dari menyantuni anak yatim," kata Kiai Cholil. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA