Senin 19 Apr 2021 20:49 WIB

5 Kesalahan yang Bikin Minum Teh Jadi tak Sehat

Minum teh dengan cara yang benar akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Minum teh dengan cara yang benar akan memberikan manfaat bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Minum teh dengan cara yang benar akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meminum teh dengan cara benar akan memberikan manfaat tersendiri. MulI dari penurunan berat badan hingga antioksidan, secangkir teh dapat memberikan keajaiban bagi tubuh. Sayangnya, terkadang orang melakukan cara menikmati teh yang keliru sehingga menjadikannya tidak sehat lagi. Berikut beberapa kesalahan, seperti dikutip Eat This, Senin (19/4).

1. Terlalu banyak gula

Baca Juga

Menambahkan sedikit yang manis ke dalam teh tidak akan merugikan dalam jangka panjang. Namun, jika menambahkan terlalu banyak makanan manis ke dalam cangkir teh Anda, dipastikan dapat dengan mudah berubah minuman itu menjadi tidak sehat dengan sangat cepat. Cara terbaik untuk menikmati teh adalah dengan meminumnya secara natural dan polos saja.

2. Berlebihan memakai pemanis buatan

 

Jika masih ingin tetap manis saat menikmati teh, alternatif pemanis tanpa kalori tampaknya menjadi solusi. Tapi apakah aman? Sementara pemanis buatan telah diteliti selama bertahun-tahun, para peneliti belum dapat mengidentifikasi hubungan antara pemanis buatan dan segala jenis risiko kesehatan. FDA merekomendasikan agar tetap membatasi jumlah pemanis buatan, tetapi jika membutuhkan sesuatu yang manis, itu masih merupakan alternatif yang bisa Anda gunakan.

3. Terlalu banyak krim

Krim, atau susu, adalah bahan tambahan umum lainnya untuk secangkir teh. Mirip dengan gula, Anda ingin membatasi asupan agar tidak berlebihan pada kalori. Jadi, pastikan untuk mengukurnya atau jangan terlalu banyak minum sehingga tidak mendapat kalori berlebih.

4. Minum dari botol

Meskipun ada beberapa teh kemasan yang sehat di rak-rak toko bahan makanan, sebagian besar botol es teh itu diperkaya dengan gula. Jika berencana menikmati es teh yang menyegarkan dari toko, pastikan untuk memeriksa label nutrisinya dan sesuaikan dengan kebutuhan saja.

5. Cara menyeduh teh

Saat menyeruput secangkir teh, jumlah rata-rata kafein yang akan didapatkan berkisar antara 20 hingga 40 miligram (dibandingkan dengan secangkir kopi, yang memiliki sekitar 100 miligram). Namun, jika tidak berhati-hati dengan lamanya waktu menyeduh teh, kafein dalam cangkir dapat meningkat secara signifikan. Jika berencana mengurangi asupan kafein untuk kesehatan, pastikan menghitung berapa lama menyeduh teh. Ditambah lagi, tehnya tidak akan terasa pahit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement