Kapan Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan?

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 20 Apr 2021 04:31 WIB

Kapan Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan?. Foto:  Berdoa (Ilustrasi) Foto: Republika Kapan Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan?. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

Umat dianjurkan banyak berdoa di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam yang beriman dan bertakwa karena mereka mengetahui keutamaan Ramadhan. Salah satu keutamaannya adalah doa di bulan Ramadhan dikabulkan oleh Allah SWT.

Setiap orang tentu sangat mendambakan sebuah doa yang mustajab atau dikabulkan oleh Allah SWT.

"Nah di antara waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah ketika kita dalam keadaan berpuasa," kata Ustaz Ahmad Zarkasih Lc dalam Buku Saku Ramadhan terbitan Rumah Fiqih Publishing.

Baca Juga

Ustaz Zarkasih menjelaskan maksud dari waktu dalam keadaan berpuasa, yakni mulai dari semenjak terbit fajar hingga matahari terbenam. Artinya saat menahan diri dari hal yang membatalkan puasa, dianjurkan untuk memperbanyak berdoa.

"Sebab doa yang kita panjatkan selama kita berpuasa Insya Allah menjadi doa yang sangat mustajab," ujar Ustaz Zarkasih.

"Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan orang-orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini. (HR. Ahmad)

Ustaz Zarkasih juga menjelaskan bahwa puasa secara istilah adalah menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

"Banyak sekali dalil-dalil yang berkaitan dengan kewajiban puasa di bulan Ramadhan. Di antaranya, apa yang disebutkan dalam Alquran," jelasnya.

"Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa." (QS Al-Baqarah: 183)

"Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X