Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

ICESCO Adakan Diskusi dan Pelatihan Budaya Satu Bulan Penuh

Senin 19 Apr 2021 19:28 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

ICESCO Adakan Diskusi dan Pelatihan Budaya Satu Bulan Penuh. Foto ilustrasi  Kota Tua Diriyah

ICESCO Adakan Diskusi dan Pelatihan Budaya Satu Bulan Penuh. Foto ilustrasi Kota Tua Diriyah

Foto: infosaudi.sa
ICESCO Adakan Diskusi dan Pelatihan Budaya Satu Bulan Penuh

REPUBLIKA.CO.ID,RABAT—Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Dunia Islam (ICESCO) telah mengumumkan program untuk merayakan Hari Internasional untuk Monumen dan Situs Internasional. 

Acara yang mengusung tema ‘United for Art and Haritage’ ini mencangkup beberapa simposium internasional dan kursus untuk menyoroti karakteristik warisan budaya berwujud dan takbenda yang kaya, beragam dan otentik di negara-negara dunia Islam.

ICESCO mencatat dalam sebuah pernyataan  bahwa perayaan tersebut menawarkan dukungan yang diperlukan untuk situs warisan yang rusak di beberapa negara anggota, dan mengatur beberapa program dan kegiatan. Perayaan dan pelatihan budaya ini akan diadakan selama satu bulan penuh, mulai dari 18 April hingga 19 Mei.

Baca Juga

Sementara itu, untuk menyemarakkan peringatan Hari Monumen dan Situs Internasional UNESCO, Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah (DGDA) melakukan restorasi kerajaan Dirijah yang bersejarah. 

Diriyah merupakan ibu kota negara Saudi pertama dan tempat kelahiran keluarga para penguasa Saudi. Kota yang terknal dengan bangunan-bangun bata lumpurnya itu dianggap sangat mencerminkan masa lalu Arab saudi yang luar biasa. 

“Diriyah memiliki sejumlah situs bersejarah yang menjadi saksi perkembangan negara Saudi,” kata juru bicara DGDA Thamer Al-Sudairi. Dia menggambarkan Diriyah sebagai "simbol persatuan.” Lokasi Diriyah yang terletak di simpangan Wadi Hanifa juga membuat situs bersejarah ini menjadi salah satu lingkungan tertua dengan dinding-dinding bata lumpur berusia lebih dari 300 tahun yang menjadi saksi sejarah kebangkitan keluarga Al-Saudi untuk menyatukan Arab. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA