Ahad 16 May 2021 01:50 WIB

Infografis: Nikmat-Nikmat yang Diungkap Surat Ar Rahman

Nikmat-nikmat Allah SWT yang menjadi bukti betapa Dia Maha Pengasih dan Penyayang.

Foto: Infografis Republika
Nikmat-Nikmat yang Diungkap Surat Ar Rahman

REPUBLIKA.CO.ID, Surat Ar Rahman adalah satu-satunya surah yang namanya diambil dari salah satu nama dan sifat Allah (Asmaul Husna).  Surat ini dijuluki Árus Alquran (Pengantin Alquran). 

Dalam salah satu hadisnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam bersabda, "Segala sesuatu ada pengantinya, dan pengantin Alquran adalah surat arnRahman. (HR Baihaqi).

Baca Juga

Pada surat ini menjelaskan nikmat-nikmat Allah SWT yang menjadi bukti betapa Dia Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 

Ada empat kelompok besar nikmat Allah yang diuraikan dalam surah ini:

 

Nikmat duniawi, dalam bentuk penyiapan kebutuhan fisik dan mental spiritual mahluk dalam kehidupan mereka di dunia. Penyebutan nikmat-nikmat ini diselingi dengan delapan kali pertanyaan yang bertujuan menggugah yakni Fabiáyyi alaí rabbikuma tukazziban (ayat 1 s.d 30).

Peringatan kepada manusia dan jin agar mereka mengindahkan ketetapan dan petunjuk Allah, dan balasan yang diterima oleh mereka yang ingkar. Peringatan ini diselingi tujuh kali penyebutan Fabiáyyi ala'í rabbikuma tukazziban (ayat 31 s.d 45).

Uraian tentang surga pertama dan kenikmatannya yang disiapkan bagi manusia dan jin yang patuh. Uraian ini diselingi dengan delapan kali penyebutanFabiáyyi alaí rabbikuma tukazziban (ayat 46 s.d 61).

Uraian tentang surga yang kedua. Uraian ini diselingi delapan kali penyebutan Fabiáyyi alaí rabbikuma tukazziban (ayat 62 s.d 78).

Sumber: Buku Tafsir Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Kementerian Agama

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement