Senin 19 Apr 2021 18:19 WIB

IKA Unpad, IKA Unpar, dan ITB Akselerasi Program Vaksinasi Se-Jabar

Program kolaborasi ini untuk membantu mempercepat vaksinasi di Jawa Barat.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) akan bekerja sama dengan IKA Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengakselerasi program vaksinasi di Jawa Barat. Hal itu disampaikan oleh Irawati Hermawan selaku ketua umum IKA Unpad kepada awak media, Senin, 19 April 2021.

"Kami akan mengadakan juga vaksinasi terhadap sekitar 10.000 lansia yang bisa dicampur dengan satu orang pengantar anak muda. Kegiatan ini akan dikerjasamakan antara IKA Unpad dengan IKA Unpar dan IKA ITB," ujar Ira di Jalan Dr. Cipto.

Tiga kampus yang bekerja sama akan menargetkan 750 orang dari empat wilayah, di antara lain Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sumedang. Kemungkinan program kolaborasi itu akan diselenggarakan di kampus Unpad Jatinangor.

Program kolaborasi ini diselenggarakan sebagai bentuk inisiatif pihak penyelenggara untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat vaksinasi di Jawa Barat. Pasalnya, di Jawa Barat sendiri masih banyak lansia yang belum memperoleh vaksin.

"Kami ingin membantu pemerintah agar menyegerakan vaksinasi untuk lansia karena masih banyak lansia yang belum divaksin di Jawa Barat ini," ujar Lia Partakusumah, ketua IKA Komisariat FK UNPAD yang turut hadir bersama dengan Ira saat dijumpai media.

Menurut data yang dikemukakan oleh Lia, hingga 13 April 2021, diketahui baru 247.350 (5,8% dari jumlah keseluruhan) orang lansia yang menerima dosis pertama dan 66.728 (1,52% dari jumlah keseluruhan) lansia yang telah menerima dosis kedua vaksin Covid-19.

Sementara itu, jumlah populasi di Jawa Barat, menurut data yang dihimpun oleh Lia, mencakup 20% populasi masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu program vaksinasi di Jawa Barat perlu  diakselerasi supaya pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Sebelumnya, IKA Unpad beserta jajaran yang terkait sudah melaksanakan penyuntikan pertama dan kedua pada bulan Maret dan bulan April 2021. Namun, cakupan program tersebut masih dikhususkan untuk Kota Bandung sebelum akhirnya dicanangkan rencana untuk program vaksinasi se-Jawa Barat yang menargetkan sebelas kabupaten.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement