Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Airlangga: Konsumsi Masyarakat Mulai Pulih

Senin 19 Apr 2021 17:19 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Terjadi kenaikan belanja secara nasional yang cukup signifikan pada bulan April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah merilis data yang menunjukkan perbaikan tren konsumsi masyarakat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, hasil monitor big data dari perbankan menunjukkan adanya kenaikan belanja secara nasional yang cukup signifikan pada bulan April 2021. 

"Di mana tumbuh 32,48 persen secara yoy untuk yang non-seasonally adjusted, dan 13,11 persen untuk yang seasonally adjusted," kata Airlangga usai rapat terbatas di kantor presiden, Senin (19/4). 

Selain itu, peningkatan konsumsi juga terlihat pada capaian angka PMI yang menyentuh 53,2, jauh di atas rata-rata angka PMI sebelum tahun 2019 yang hanya bertahan di 51. Penerimaan sektor industri, ujar Airlangga, juga tercatat mengalami perbaikan, tumbuh 10,26 persen secara tahun ke tahun untuk yang seasonally adjusted dan tumbuh 1,46 persen untuk seasonally adjusted. Sebagai informasi, perhitungan data statistik dengan seasonal adjustment dilakukan untuk mengeliminasi pengarum musiman. 

Baca Juga

"Nah selanjutnya, untuk menjaga keseimbangan pengendalian Covid-19 dan pengungkit ekonomi, pemerintah melakukan beberapa program. Yaitu pengendalian Covid-19 melalui pembatasan kegiatan, baik kegiatan mudik, kegiatan pembatasan bepergian," kata Airlangga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA