Amalan 24 Jam Selama Ramadhan Menurut UAS

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 20 Apr 2021 05:05 WIB

Amalan 24 Jam Selama Ramadhan Menurut UAS. Ilustrasi Sahur Foto: Mgrol101 Amalan 24 Jam Selama Ramadhan Menurut UAS. Ilustrasi Sahur

Perbanyak berdoa menjelang berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Bulan suci Ramadhan merupakan fasilitas yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki diri dan meraih ampunan-Nya. Sehingga memperbanyak amalan baik selain puasa sangat dianjurkan karena janji ganjaran yang berlipat-lipat.

Dai ternama, Ustadz Abdul Somad (UAS) menganjurkan beberapa amalan yang bisa dilakukan saat Ramadhan. Berikut ibadah-ibadah yang bisa dilakukan selama 24 jam atau seharian penuh saat bulan suci ini.

Baca Juga

Tarawih

Tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang hanya bisa dlakukan saat Ramadhan. Amalan ini sangat dianjurkan Allah SWT dan Rasulullah SAW karena umat Islam diperintahkan untuk menghidupi malam Ramadhan (qiyam Ramadhan), salah satunya dengan tarawih. 

UAS menjelaskan, tarawih artinya sholat yang mempunyai duduk istirahat. Hal ini karena tarawih biasanya dilakukan dengan bacaan ayat yang panjang.

“Sahabat pada masa Nabi Muhammad itu sampai bengkak kakinya, bengkak karena darah turun ke bawah karena berdiri tegak lama,” jelasnya.

Ada banyak versi jumlah rakaat tarawih, dari 20 rakaat, 30 rakaat hingga 100 rakaat. Namun banyak ulama juga yang menganjurkan, jika bacaan ayatnya panjang maka dipersingkat rakaatnya. Namun jika bacaannya pendek, maka diperbanyak rakaatnya seperti yag biasa dilakukan di Indonesia, yakni 20 rakaat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X