Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Joseph Paul Tinggalkan Indonesia ke Hong Kong Sejak 2018

Senin 19 Apr 2021 16:10 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah

Youtuber Joseph Paul Zhang

Youtuber Joseph Paul Zhang

Foto: google.co.id
Imigrasi saat ini tengah berkoordinasi dengan bareskrim guna memburu Joseph Paul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jendral Imigrasi Kemenkumham mengonfirmasi bahwa Joseph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara memastikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) itu telah meninggalkan Tanah Air sejak 2018 lalu.

"Bahwa yang bersangkutan sudah berada di luar wilayah Indonesia sejak 2018," kata Angga Pradhana Anggakara dalam keterangan di Jakarta, Senin (19/4).

Dia mengungkapkan, Joseph Paul Zhang terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hongkong pada 11 Januari 2018. Hal tersebut, sambung dia, diketahui berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi.

Baca Juga

Dia melanjutkan, imigrasi saat ini tengah berkoordinasi dengan bareskrim guna memburu WNI yang memiliki nama Shindy Paul Soerjomoeljono itu. Dia mengatakan, imigrasi juga telah menyampaikan informasi perlintasan yang bersangkutan kepada Bareskrim Polri.

"Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini," katanya.

Sebelumnya, nama Joseph Paul Zhang mendadak menjadi perbincangan hangat di berbagai platform media sosial. Bukan karena prestasinya, melainkan pernyataan-pernyataannya yang menistakan Islam. Salah satunya menyebut Allah SWT dikurung di dalam Ka'bah dan mengaku dirinya sebagai nabi ke-25.  

Penyidik Bareskrim Polri menggandeng interpol untuk memburu keberadaan Joseph Paul Zhang. Kepolisian juga akan memasukan Joseph Paul Zhang ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA