Senin 19 Apr 2021 13:48 WIB

Darius, Kelinci Terbesar di Dunia Hilang

Pemilik Darius menawarkan Rp 20 juta bagi siapapun yang menemukannya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Darius, kelinci terbesar di dunia.
Foto: getty image via live science
Darius, kelinci terbesar di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WORCESTERSHIRE – Pemegang rekor kelinci terbesar di dunia, Darius saat ini hilang di rumahnya di Worcestershire, Inggris pada akhir pekan lalu. Sang pemilik menawarkan hadiah 1.000 poundsterling Inggris atau Rp 20 juta bagi siapa pun yang menemukan Darius dan membawanya pulang dengan selamat.

“Kelinci Raksasa Kontinental dicuri dari kandangnya di taman pemiliknya semalam pada Sabtu (10 April-11 April),” kata polisi Mercia Barat setempat dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Kelinci tersebut dikatakan cukup unik karena ukurannya berbeda dari kelinci lain, yakni empat kaki dan telah dianugerahi Rekor Gunness sebagai kelinci terbesar di dunia pada April 2010 lalu.

Pada saat itu, ukuran panjang Darius empat kaki tiga inci atau 129 sentimeter. Tentu saja ukuran ini termasuk raksasa di antara spesiesnya. Darius adalah kelinci Flemish Giant yang merupakan jenis kelinci terbesar di Bumi.

Dilansir Live Science, Senin (19/4), menurut Kebun Binatang Maryland, Raksasa Flemish rata-rata dapat memiliki berat sekitar 15 pon atau tujuh kilogram dan panjangnya 2,5 kaki atau 0,76 m. Mereka adalah jenis hewan peliharaan. Awalnya pada 300 tahun yang lalu, Raksasa Flemish dibiakkan hanya untuk diambil daging dan bulunya.

Saat ini, Raksasa Flemish sebagian besar dibesarkan sebagai hewan pendamping. Pemilik Darius, Annette Edwards menyebut kelincinya bertingkah sangat tenang dalam wawancara tahun 2015. Padahal kelinci raksasa yang lebih mudah dibesarkan daripada ras yang lebih kecil bertindak liar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement