Senin 19 Apr 2021 11:48 WIB

Flyover Cakung Dilengkapi dengan Jalur Sepeda

Lintas atas sepanjang 1,5 kilometer menghubungkan Cakung dan Duren Sawit.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga menaiki sepeda melintas di area pembangunanan lintas atas Cakung di Jakarta Timur, Selasa (16/3).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menaiki sepeda melintas di area pembangunanan lintas atas Cakung di Jakarta Timur, Selasa (16/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lintas atas (flyover) Cakung yang menghubungkan Kecamatan Cakung dan Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, menjalani uji coba tahap pertama pada 19 sampai 21 April 2021. Lintas atas tersebut dilengkapi dengan jalur sepeda.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, jalur sepeda yang berada masing-masing di sisi kiri jalan itu dibuat menyatu dengan ruas jalan lain tanpa penyekatan. "Jadi jalur sepeda ini memang mixing dengan jalan dan sudah kita buat marka sendiri," kata Hari saat meninjau flyover Cakung, Senin (19/4).

Hari menjelaskan, tidak adanya pembatas antara jalur sepeda dan kendaraan bermotor agar tidak terjadi penyempitan lajur. "Mudah-mudahan aman karena kalau kita buat secara proteksi, secara permanen akan membuat jalan itu jadi sempit. Saya rasa seperti itu sudah cukup itu," ujar Hari.

Dia menuturkan, petugas juga sudah membuat marka dan tanda mengenai adanya jalur sepeda di sisi kiri flyover Cakung. Sehingga diharapkan para pengguna kendaraan bermotor dapat memberikan akses bagi pesepeda. "Kita sudah kasih tanda dari bawah bahwasanya jalur sepeda ada di sisi kiri."

Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan uji coba tahap pertama flyover Cakung. Pengguna kendaraan dapat melintasi jalan layang sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer tersebut mulai dari pukul 07.00 WIB-22.00 WIB selama masa uji coba berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement