Senin 19 Apr 2021 11:40 WIB

Ini Penjelasan Tentang Terbentuknya Liga Super Eropa

Florentino Perez dilaporkan sebagai orang yang bertanggung jawab atas proyek ini

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Presiden Real Madrid Florentino Perez.
Foto: Defensacentral.com
Presiden Real Madrid Florentino Perez.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Liga Super Eropa telah resmi diumumkan hari ini dengan Real Madrid merupakan salah satu klub pendiri, dan presiden klub Florentino Perez dilaporkan sebagai orang yang bertanggung jawab atas proyek ini pun ketua pertama kompetisi tersebut.

"Kami akan membantu sepak bola di setiap level dan membawanya ke tempat yang selayaknya. Sepak bola adalah satu-satunya olahraga global di dunia dengan lebih dari empat miliar penggemar dan tanggung jawab kami sebagai klub besar adalah menanggapi keinginan mereka," kata Florentino Perez dikutip laman resmi Madrid, Senin (19/4).

Adapun 12 klub sepak bola elite di Eropa hari ini berkumpul untuk mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membentuk kompetisi tengah pekan yang baru, pun tandingan bagi Liga Champions.

Sementara ke-12 klub pendiri AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea,  Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur semuanya telah bergabung. Diperkirakan tiga klub lagi akan bergabung menjelang musim perdana, yang dimaksudkan untuk dimulai secepat mungkin.

Ke depannya, Klub Pendiri berharap dapat mengadakan diskusi dengan UEFA dan FIFA untuk bekerja sama dalam kemitraan guna memberikan hasil terbaik untuk Liga baru dan sepak bola secara keseluruhan.

Pembentukan Liga Super terjadi pada saat pandemi global telah mempercepat ketidakstabilan model ekonomi sepak bola Eropa yang ada. Selanjutnya, selama beberapa tahun, Klub Pendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan intensitas kompetisi Eropa yang ada sepanjang musim, dan menciptakan format untuk klub serta pemain top untuk bersaing secara teratur.

Pandemi telah menunjukkan bahwa visi strategis dan pendekatan komersial yang berkelanjutan diperlukan untuk meningkatkan nilai dan dukungan demi kepentingan seluruh piramida sepak bola Eropa.

Dalam beberapa bulan terakhir, dialog ekstensif telah dilakukan dengan para pemangku kepentingan sepak bola mengenai format kompetisi Eropa di masa depan.

"Dengan menyatukan klub dan pemain terhebat di dunia untuk bermain satu sama lain sepanjang musim, Liga Super akan membuka babak baru untuk sepak bola Eropa, memastikan kompetisi dan fasilitas kelas dunia, dan meningkatkan dukungan finansial untuk piramida sepak bola yang lebih luas," kata Joel Glazer wakil pemilik Manchester United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement