Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Ketika Malaikat Doakan Anak Durhaka Dapat Celaka

Senin 19 Apr 2021 10:07 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT sangat membenci anak-anak yang durhaka pada orang tua. Ilustrasi anak cium orang tua

Allah SWT sangat membenci anak-anak yang durhaka pada orang tua. Ilustrasi anak cium orang tua

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Allah SWT sangat membenci anak-anak yang durhaka pada orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Balasan bagi orang-orang yang durhaka terhadap kedua orang tuanya sangatlah besar. Tidak hanya berupa siksa dari Allah SWT kelak, tetapi malaikat juga tak meridhai mereka.

Malaikat Jibril mendoakan celaka terhadap orang yang tidak mau berkhidmat kepada kedua ayah dan ibunya. Doa ini diaminkan Nabi Muhammad SAW saat naik mimbar ketika akan menyampaikan tausiyahnya. 

"Orang yang mendapat celaan Malaikat Jibril adalah yang dalam hidupnya tidak berhikmat kepada kedua orang tuanya atau salah seorang di antara keduanya tak memperlakukan dengan baik saat mereka telah tua," kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya al- Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal.

Baca Juga

Padahal, kata Syekh Muhammad Zakariyya, orang yang berkhidmat kepada kedua orang tuanya akan mendapatkan surga. Banyak hadits yang meriwayatkan tentang hak-hak orang tua. 

Para ulama mengatakan bahwa mematuhi perintah kedua orang tua dalam hal-hal yang dibolehkan agama adalah wajib. Tidak boleh berbuat tidak sopan terhadap mereka dan jangan mendatangi mereka dengan sombong, sekalipun mereka musyrik.  

"Jangan meninggikan suara melebihi suara mereka. Jangan memanggil mereka hanya dengan namanya, dan jangan mendahului mereka," katanya. 

Baca juga : Sanksi Bagi Pelaku Jimak Saat Siang Hari Ramadhan

Jika pun harus mengingatkan mereka kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran, hendaklah dilakukan dengan cara yang lemah lembut. Jika ajakan kita belum diterima, tetaplah menjaga hubungan baik dengan mereka dan selalu berdoa memohon hidayah untuk mereka. "Ringkasnya muliakanlah dan hormatilah mereka dalam segala urusan," katanya. 

Sebab, menurut Syekh al-Kandahlawi, hadits menyatakan, "Di antara pintu-pintu terbaik untuk memasuki surga ialah ayah. Jika kamu mau, peliharalah dia atau jangan sia-siakanlah ia."  

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، أَنَّ رَجُلاً، قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا حَقُّ الْوَالِدَيْنِ عَلَى وَلَدِهِمَا قَالَ ‏ "‏ هُمَا جَنَّتُكَ وَنَارُكَ ‏"‏ Diriwaytkan dari Abu Umamah RA, dia berkata, “Seorang sahabat RA bertanya kepada Baginda Nabi SAW, 'Apakah hak-hak kedua orang tua? Beliau menjawab, 'Mereka surgamu atau nerakamu. (Ridha mereka akan membawamu ke surga dan kemurkaan mereka akan membawa ke neraka)'."   

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA