Amalan yang Diperbanyak Nabi Muhammad Saat Ramadhan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 19 Apr 2021 07:58 WIB

Amalan yang Diperbanyak Nabi Muhammad Saat Ramadhan. Foto ilustrasi: kaligrafi Nabi Muhammad Foto: republika Amalan yang Diperbanyak Nabi Muhammad Saat Ramadhan. Foto ilustrasi: kaligrafi Nabi Muhammad

Saat Ramadhan Nabi Muhammad memperbanyak amal.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi dalam kitab Durusul Mantsur diriwayatkan, dari Sayyidatina Aisyah Radhiyallahnu anha bahwa apabila bulan Ramadan tiba, raut wajah baginda Rasulullah SAW berubah. Beliau lebih memperbanyak jumlah rakaat sholat sunnahnya dan berdoa lebih tawadhu, penuh rasa takut kepada Allah SWT. 

Menurut riwayat lain, Sayyidatina Aisyah radhiyallahu anha mengatakan bahwa beliau tidak pernah berbaring di tempat tidurnya hingga usai bulan Ramadhan. Riwayat lain menyatakan bahwa saat bulan Ramadan Allah SWT menyuruh para malaikat pemikul Arsy.

"Tinggalkanlah amalan kalian masing-masing! Aminilah orang-orang yang berpuasa!"

Baca Juga

Banyak sekali hadits kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya bahwa doa-doa pada bulan Ramadan pasti dikabulkan secara khusus. Hal ini tidak dilakukan sedikitpun kebenarannya.

"Jika Allah SWT telah berjanji dan Nabinya yang terpercaya telah memberitahu kita, maka kita jangan ragu sedikitpun," katanya dalam kitab Fadhilah Amal.

Memang ada sebagian orang yang berdoa memohon sesuatu tetapi hasilnya belum terwujud. Namun, jangan sampai dipahami bahwa doanya ditolak.

Dari Sayyidina Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, baginda Rasululloh SAW bersabda; Tiga orang yang doa mereka tidak akan ditolak". Doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa yang orang yang dizalkmi. Allah swt mengangkat dong itu ke atas awan dan membukakan baginya pintu-pintu langit, dan Allah SWT berfirman demi kemuliaan-Ku pasti aku akan menolongmu walaupun sesuatu saat nanti sesuai dengan kemaslahatan." (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Khuzaima, Ibnu Hibban, dari kitab At-Targhib).

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X