Ahad 18 Apr 2021 20:41 WIB

Quartararo Juarai GP Portugal, Rival-rival Bertumbangan

Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dalam GP Portugal, Ahad (18/4).

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjuarai GP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Ahad (18/4).
Foto: EPA
Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjuarai GP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Ahad (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo meraih kemenangan keduanya secara beruntun musim ini dengan menjuarai Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Ahad (18/4). Seri balap GP Portugal diwarnai crash yang dialami sejumlah pebalap.

Francesco Bagnaia finis runner-up untuk tim Ducati Lenovo dan Joan Mir melengkapi podium untuk Suzuki di peringkat ketiga. Dengan kemenangan Quartararo, Yamaha menyapu bersih podium teratas di tiga balapan musim ini, dengan seri pembuka di GP Qatar yang dimenangi Maverick Vinales, sebelum Quartararo mengangkat trofi pertama di GP Doha.

Baca Juga

Portimao debut di kalender MotoGP pada 2020 dan mendapat julukan sirkuit "rollercoaster" karena memiliki elevasi trek yang beragam. Bukan start yang mulus bagi Quartararo. 

Meski mengawali balapan dari pole position, sang pebalap Prancis kehilangan tiga posisi menuju tikungan pertama, di belakang Johann Zarco, Alex Rins dan Marc Marquez yang menyodok dari P6. Pebalap berjuluk El Diablo itu baru bisa merebut kembali pimpinan lomba di lap ke-9, diikuti duet Suzuki Alex Rins dan juara dunia bertahan Joan Mir yang mencuri enam posisi ke depan.

Sebelas lap tersisa Zarco memanfaatkan kekuatan superior motor Ducati di lintasan lurus utama untuk menyalip Mir. Rins beberapa kali mencetak lap tercepat demi mengejar Quartararo, namun sial bagi sang pebalap Spanyol, dengan tujuh lap tersisa ia justru terjatuh dan kehilangan peluang podium.

Sementara, Mir tak berkutik di hadapan motor Ducati lainnya ketika Francesco Bagnaia dengan mudah melewatinya dan menyalip Zarco untuk P2. Berusaha mengejar Bagnaia, Zarco justru menjadi korban ganasnya aspal trek 'rollercoaster' itu dan terjatuh dengan enam lap tersisa.

Quartararo memiliki margin sehat sekira lima detik dari rival terdekatnya di lima putaran terakhir ketika Bagnaia, mati-matian bertahan dari serangan Mir dan Franco Morbidelli untuk podium. Namun, tak ada drama di tikungan terakhir lap pemungkas. Quartararo mulus menuju garis finis 4,809 detik di depan Bagnaia yang mengklaim P2 dan Mir berhak naik podium di P3.

Morbidelli mengamankan poin bagi tim Petronas Yamaha di P4, di depan pebalap KTM Brad Binder.Juara dunia delapan kali Marc Marquez, yang kembali berkompetisi setelah sembilan bulan berkutat dengan cedera, sempat menyodok ke P3 namun hampir menyenggol ban belakang Mir sebelum kehilangan posisi ke P9.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement