Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Penjelasan Ibnu Katsir tentang Bentuk Sandal Rasulullah 

Senin 19 Apr 2021 00:15 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Replika sandal Nabi Muhammad yang tersimpan di Istanan Topkapi, Istanbul, Turki.

Replika sandal Nabi Muhammad yang tersimpan di Istanan Topkapi, Istanbul, Turki.

Foto: Tangkapan layar dari buku Mengenal Pribadi Ag
Sandal Rasulullah SAW cerminkan kesederhanaan beliau

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah SAW begitu sederhana hidupnya. Tak ada kesan mewah dalam setiap yang digunakannya. Salah satu contohnya adalah Rasulullah mengenakan sandal yang sangat sederhana. 

Seperti apa sandal Rasulullah? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Al Youm 7 pada Jumat (16/4).  

Baca Juga

Dalam kitab Bidayah Wa An-Nihayah, Ibnu Katsir menjelaskan tentang sandal yang digunakan Rasulullah.  

Dalam hadits sahih yang diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW memakai terompah yang terbuat dari kulit sapi, yaitu yang tidak berbulu.   

Diriwayatkan dalam Shahih Bukhari. Telah menceritakan Muhammad, diceritakan Abdullah, Saya, Isa bin Tahman berkata, “Anas bin Malik mendatangi kami dengan sepasang sandal dengan dua qibal (tali sandal yang disatukan ujungnya dan terjepit di antara dua jari kaki). Tsabit Al Banani berkata ini adalah sandal Nabi SAW.”  

Diriwayatkan dalam lima kitab induk hadits, dari Abdullah bin Muhammad, dari Abu Ahmad Al Zubairi, dari Isa bin Tahman dari Anas berkata, Anas membawakan kepada kami sepasang sandal yang tak berbulu memiliki dua qibal. 

Dan diriwayatkan Imam Tirmidzi dalam kitab Syamail dari Ahmad bin Mani' dari Abu Ahmad Az Zubairi.  Dan berkata Imam Tirmidzi di dalm kitab Syamail, bercerita kepada kami Abu Kuraib, memberitahu kami Waki' dari Sofyan dari Khalid Al Hadza dari Abdullah bin Harits dari Ibnu Abbas berkata sendal Rasululah itu memiliki dua qibal yang menjepit keduanya.  

Begitu juga dalam riwayat lain, memberi tahu Ishak bin Manshur, saya Abdul Rozaq dari Muamar, dari Ibnu Abi Dabi dari Salih dari Abu Hurairah berkata sendal Rasulullah itu memiliki dua qibal. 

Imam Tirmidzi berkata, bercerita Muhammad bin Marzuq Abu Abdullah, bercerita Abdul Rahman bin Qais Abu Muawiyah, bercerita Hasyim dari Muhammad dari Abu Hamzah berkata sendal Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar itu memiliki dua qibal. Sementara orang yang mengingatkan satu tali di atas sandal itu pertama kali adalah Utsman.    

 

Sumber: youm7

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA