Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Penjaga Pantai Turki Selamatkan 41 Pencari Suaka

Ahad 18 Apr 2021 21:29 WIB

Red: Nur Aini

Komando penjaga pantai Turki pada Sabtu (17/4) telah menyelamatkan 41 pencari suaka di Laut Aegea.

Komando penjaga pantai Turki pada Sabtu (17/4) telah menyelamatkan 41 pencari suaka di Laut Aegea.

Penjaga pantai Yunani sempat mendorong para pencari suaka kembali ke perairan Turki

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Komando penjaga pantai Turki pada Sabtu (17/4) telah menyelamatkan 41 pencari suaka di Laut Aegea.

Penjaga pantai Yunani sempat mendorong para pencari suaka ini kembali ke perairan teritorial Turki termasuk membakar tubuh salah satu pencari suaka. Lewat web-nya, penjaga pantai dikirim untuk menyelamatkan pencari suaka Sabtu pagi di distrik Cesme di provinsi Izmir.

Baca Juga

Seorang pencari suaka dengan luka bakar di kakinya diserahkan ke Tenaga Medis Darurat. Selain itu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu membagikan rekaman di Twitter yang menunjukkan pasukan Yunani mendorong pencari suaka ke perairan teritorial Turki.

"Penegakan Hukum yang dilakukan pemerintah Yunani berusaha untuk membakar orang, menuangkan bensin ke atas mereka, yang mengindikasikan pembantaian di bawah pengawasan Eropa," kata Soylu.

"Eropa akan mencatat sejarah sebagai pemicu keganasan ini, dengan memanjakan Yunani dan tetap diam tentang apa yang terjadi di sana @EU_Commission," tambahnya.

Berbicara tentang kejadian di video, salah satu korban berkata: "Ada seorang wanita. Dia berkata: 'Pergilah.' Tapi Kami tidak pergi. Dia membawa minyak, dan ditumpahkan ke atas kami, membakar kami. Polisi berkata, "Kamu dibakar karena kamu tidak pergi ke Turki."

"Mereka membawa kami ke sini dengan perahu kami sendiri dan meninggalkan kami di laut," tambah korban.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi para pencari suaka yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai hidup baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan.

Turki dan kelompok hak asasi manusia telah berulang kali mengutuk praktik ilegal Yunani yang mendorong kembali pencari suaka, dengan mengatakan itu melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan hukum internasional dengan membahayakan nyawa para migran yang rentan, termasuk wanita dan anak-anak.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/penjaga-pantai-turki-selamatkan-41-pencari-suaka-di-laut-aegea/2212428
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA