Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Koeman: Trofi Copa del Rey Jadi Motivasi Baru Rebut La Liga

Ahad 18 Apr 2021 17:22 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Pelatih Barcelona Ronald Koeman

Pelatih Barcelona Ronald Koeman

Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Barcelona berada di peringkat ketiga dengan tertinggal dua poin dari Atletico Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLE -- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengatakan kemenangan di pentas Copa del Rey musim ini akan menjadi tambahan motivasi buat anak-anak asuhnya untuk tetap bersaing di perebutan gelar juara La Liga musim ini. Barcelona akhirnya mengakhiri puasa gelar yang terentang sejak musim 2018/2019.

Barca menggondol trofi Copa del Rey usai membungkam Athletic Bilbao, 4-0, di partai final yang digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla, Ahad (18/4) dini hari WIB. “Kami masih lapar akan gelar juara. Sekarang, kami sudah mendapatkan satu trofi dan tengah mengincar trofi yang kedua. Kami akan bertarung hingga hari terakhir La Liga,” ujar Koeman seperti dilansir Marca, Ahad (18/5).

Baca Juga

Barcelona sedikit tertinggal di perebutan posisi puncak klassemen sementara Liga Spanyol. Apalagi, Barcelona sempat mengalami kekalahan dari Real Madrid di laga El Clasico, 1-2, akhir pekan lalu.

Saat ini, Barcelona berada di peringkat ketiga dengan mengantongi 65 poin dari 30 laga. Barcelona tertinggal dua poin dari Atletico Madrid, yang berada di puncak klasemen sementara.

Pada laga final Copa del Rey, Barcelona mengawali pesta gol pada menit ke-60 lewat torehan Antoine Griezmann. Gol penyerang asal Prancis itu pun seolah membuka keran gol Barcelona di laga tersebut. Hanya dalam 12 menit berselang pasca gol tersebut, Barcelona bisa menambah torehan tiga gol. Gol Frenkie de Jong pada menit ke-63, kemudian diikuti dua gol dari Lionel Messi pada menit ke-68 dan 72.

Koeman mengatakan, trofi Copa del Rey musim ini terasa begitu istimewa, terutama jika menilik perjalanan Lionel Messi dan kawan-kawan di pentas Copa del Rey musim ini. Dari empat penampilan di fase gugur, Barcelona membutuhkan babak tambahan waktu untuk bisa meraih kemenangan dan memastikan langkah ke babak berikutnya.

photo
Frenkie de Jong dari Barcelona merayakan dengan rekan satu timnya mencetak gol ke-2 timnya selama final Copa del Rey Spanyol 2021 antara Athletic Bilbao dan Barcelona di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Sabtu 17 April 2021. - (AP / Angel Fernandez)
Pada babak 16 besar, Barca harus tampil selama 120 menit untuk bisa menyingkirkan Cornella dan Granada pada babak perempat final. Barcelona akhirnya menang 5-3 pada masa tambahan waktu. 

Perjuangan paling berat dirasakan Barca saat menghadapi Sevilla di partai semifinal. Sempat menelan kekalahan 0-2 pada leg pertama, Barcelona akhirnya bisa bangkit pada leg kedua dan menutup laga dengan kemenangan, 3-0. 

Gol kemenangan Barcelona dicetak pada menit ke-95 pada masa tambahan waktu. "Benar-benar perasaan luar biasa bisa mengakhiri kompetisi ini dengan kemenangan. Bisa melangkah ke final sudah menjadi perjuangan yang sulit. Kami layak mendapatkan kemenangan ini," kata Koeman.

Selain perjuangan selama Copa del Rey, pelatih asal Belanda itu pun menyebut, raihan trofi ini juga memiliki arti penting dalam upaya Barcelona melakukan perubahan di skuat tim utama. Apalagi, tini menjadi trofi pertama sejak menutup musim lalu tanpa raihan gelar apapun. 

"Trofi ini menjadi begitu penting di tengah upaya kami melakukan berbagai perubahan di tubuh tim. Prestasi ini membuktikan para pemain bisa membuktikan untuk tampil kompetitif," kata Koeman. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA