Kapan Waktu yang Tepat Berhenti Makan Sahur?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 19 Apr 2021 05:25 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Berhenti Makan Sahur? Foto: Freepik Kapan Waktu yang Tepat Berhenti Makan Sahur?

Ada dua aspek terkait waktu yang tepat untuk berhenti makan sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Cendekiawan Muslim dari Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty menyampaikan penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat berhenti makan dan minum di waktu sahur. Dia memaparkan, ada dua aspek terkait waktu yang tepat untuk berhenti makan dan minum saat sahur, yaitu waktu yang disukai dan waktu yang diizinkan. 

Syekh Kutty menuturkan, waktu yang disukai untuk berhenti makan adalah 10 menit sebelum waktu subuh. Sehingga jika waktu Subuh adalah pukul 06.12, maka seseorang harus berhenti makan sekitar pukul 06.00.

Baca Juga

Namun, waktu yang diizinkan untuk makan dan minum saat sahur yaitu sampai pukul 06.12. Setelah itu dianggap melanggar ketentuan syariat. Karena itu, jika ada yang sengaja melakukannya, maka puasanya dianggap batal.

"Para sahabat Nabi SAW telah selesai makan sahur dengan Nabi SAW dan setelah melakukannya mereka masih memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan membaca 50 ayat Alquran sebelum subuh. Perkiraan waktu untuk pembacaan tersebut adalah 10 menit," jelas Syekh Kutty.

Namun, sebagaimana disebutkan sebelumnya, waktu yang diizinkan untuk makan dan minum di waktu sahur bisa diperpanjang hingga waktu subuh. Jika adzan berkumandang tepat waktu yakni pada waktu subuh, itu adalah titik potong terakhir untuk sahur.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X