Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Jack Ma Didesak untuk Segera Menjual Sahamnya di Ant Group

Ahad 18 Apr 2021 08:45 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Jack Ma, pendiri Ant Group.

Jack Ma, pendiri Ant Group.

Foto: EPA-EFE/TASS/HOST PHOTO / POOL MANDATORY
Jack Ma menawarkan untuk menyerahkan sebagian saham Ant Group ke pemerintah China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Ant Group sedang menjajaki opsi bagi pendirinya Jack Ma untuk mendivestasikan sahamnya. Menurut sejumlah orang sumber yang dimiliki Reuters, cara tersebut dapat membantu untuk menarik pengawasan regulator China yang ingin merestrukturisasi Ant Group milik Jack Ma.

Reuters untuk pertama kalinya melaporkan detil putaran terakhir pertemuan dan diskusi tentang masa depan kendali Jack Ma atas Ant. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa Jack Ma telah menawarkan untuk menyerahkan sebagian saham Ant Group kepada pemerintah China.

Hanya saja, Ant Group membantah divestasi saham Ma pernah dipertimbangkan. “Divestasi saham Ma di Ant Group tidak pernah menjadi subjek diskusi dengan siapa pun,” kata juru bicara Ant dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Ahad (18/4).

Baca Juga

Meskipun begitu, saat ini belum ditentukan apakah Ant Group dan Jack Ma akan melanjutkan dengan opsi divestasi. Sumber Reuters menyebutkan, Ant Group berharap saham Ma yang bernilai miliaran dolar AS, dapat dijual kepada investor yang ada di Ant atau afiliasi e-commerce Alibaba Group Holding Ltd tanpa melibatkan entitas eksternal.

Hanya saja sumber Reuters lainnya menyebutkan selama diskusi dengan regulator China, Ma tidak akan diizinkan untuk menjual sahamnya kepada entitas atau individu yang dekat dengannya. Jack Ma harus keluar sepenuhnya atau mentransfer sahamnya ke investor China yang berafiliasi dengan negara. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA