Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Menpora Buka Turnamen Esports Pemuda

Ahad 18 Apr 2021 00:03 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Foto: ANTARA FOTO/Humas Kemenpora
Menurutnya, Esports merupakan salah satu olahraga yang terus berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Youth Esports Tournament yang memperebutkan Piala Menpora 2021 secara virtual, Sabtu (17/4).

Antusiasme tim peserta mengikuti turnamen ini sangat luar biasa. Sebanyak 14.098 tim dan lebih 70 ribu player ikut menyemarakkan turnamen olahraga elektronik ini. 

Dalam sambutannya, Zainudin mengapresiasi upaya dari penyelenggara yakni dari organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa timur. Penyelenggaraan turnamen secara daring ini diikuti peserta yang tersebar diseluruh Tanah Air. 

“Pertama saya mengapresiasi upaya dari penyelenggara atas inisiatifnya menyelenggarakan suatu kegiatan turnamen Esports yang sekarang ini memang sedang marak dilakukan. Apalagi kita tahu sekarang ini dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan harus menjadi panduan dari penyelenggara,” kata Zainudin dalam keterangan pers yang diterima republika.co.id Sabtu (17/4).

Menurutnya, Esports merupakan salah satu olahraga yang terus berkembang di kalangan milenial. Pada prakteknya, harus mengedepankan konsentrasi, strategi, mental, hingga teknologi. Sehingga Esports dinilai menjadi salah satu olahraga pilihan yang tepat ditengah pandemi. 

“Upaya penyelenggara sangat luar biasa. Panitia sangat siap dan penyelenggara saya rasa mampu melakukan kegiatan ini dengan dibuktikannya peserta tim yang ikut mendaftar. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Sangat luar biasa capaian ini,” ujarnya. 

Melalui turnamen Esports ini, ia berharap dapat muncul atlet-atlet baru yang nantinya diharap bisa menjadi andalan Tim Nasional Indonesia kedepannya untuk menghadapi kejuaraan ditingkat internasional. 

“Dengan adanya turnamen ini, semoga muncul atlet-atlet yang mampu mengharumkan nama bangsa dilevel dunia. Saya dapat laporan, usia yang ikut bertanding dalam turnamen ini berkisar pelajar hingga mahasiswa. Ini berarti masuk kategori pemuda, dan Esports memang menjadi kegemaran anak muda kita,” ucapnya.

Mobile Legend terpilih menjadi olahraga elektronik yang dipertandingan pada Youth Esports Tournament kali ini. Turnamen ini berhadiah total Rp 200 juta dan trofi Piala Menpora bagi tim yang juara. Tahapan kualifikasi dan babak 8 besar berlangsung 17 April hingga 9 Mei 2021. Sedangkan semi final dan grand final akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 30 Mei 2021. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA