Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Gardu PLN di Cilandak Meledak, Diduga Korsleting

Sabtu 17 Apr 2021 21:04 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih

Sebuah gardu besar milik PLN di Jalan Lapangan Tembak, Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, meledak dan terbakar pada Sabtu (17/4) malam.

Sebuah gardu besar milik PLN di Jalan Lapangan Tembak, Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, meledak dan terbakar pada Sabtu (17/4) malam.

Foto: Dok Sudin Gulkarmat Jaksel
Luas area yang terbakar sekitar sembilan meter persegi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sebuah gardu besar milik PLN di Jalan Lapangan Tembak, Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, meledak dan terbakar pada Sabtu (17/4) malam. Ledakan diduga terjadi karena korsleting pada box kabel.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Helbert Pilder Lumba Gaol, mengatakan, insiden itu diketahui pertama kali oleh anggota Marinir yang sedang berjaga di pos penjagaan, tak jauh dari gardu PLN itu.

Pukul 18.30 WIB, prajurit Marinir itu mendengar adanya ledakan. Ia pun bergegas mengecek sumber ledakan. "Setelah dicek, ternyata sumber ledakan berasal dari Gardu PLN yang berada di kompleks korps Denjaka," kata Helbert dalam keterangannya, Sabtu.

Api tampak berkobar di gardu tersebut. Selanjutnya, pukul 18.33 WIB, salah satu anggota Marinir melaporkan insiden itu ke petugas pemadam kebakaran.

Helbert mengatakan, pihaknya langsung mengerahkan satu unit mobil pemadam beserta empat personel ke lokasi kejadian. Namun saat mobil pemadam tiba di lokasi pukul 18.36 WIB, api sudah padam. "Situasi sudah aman. Api sudah dipadamkan oleh warga," kata dia.

Dia menjelaskan, kebakaran ledakan yang berujung kebakaran itu terjadi karena adanya korsleting pada box kabel gardu. Adapun luas area yang terbakar sekitar sembilan meter persegi. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA