Advertisement

Psychological First Aid, Obati Trauma Anak Korban Gempa

Sabtu 17 Apr 2021 19:13 WIB

Red: Yogi Ardhi

 

 

MALANG, JAWA TIMUR – Relawan dari Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur mengadakan penyembuhan trauma (trauma healing) bagi anak-anak korban gempa di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

“Sejumlah anak-anak masih mengalami trauma berat, banyak dari anak-anak yang takut untuk masuk ke rumah,  sebab gempa bermagnitudo 6.1 SR telah merobohkan dan mengguncang rumah orang tuanya. Relawan Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur hadir memberikan penyembuhan trauma dengan berbagai permainan yang pastinya tidak terlepas dari edukasi bencana kepada anak-anak sehingga selain bahagia dan mengurangi trauma, anak-anak mendapatkan asupan pendidikan tentang gempa bumi,” ujar Kholid Abdillah, selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Harapan Kholid Abdillah dengan adanya kegiatan, Psychological First Aid dari para relawan, dapat mengurangi rasa trauma di benak anak-anak.

Keceriaan tampak dari wajah anak-anak, sambil menunggu berbuka para relawan terus mengajak kegiatan-kegiatan bagi anak-anak di lapangan. Di sisi lain para relawan terus menyuplai 200 paket konsumsi untuk berbuka puasa setiap hari bagi masyarakat yang terdampak di Desa Wirotaman.

“Hari ini kami mendistribusikan 200 paket konsumsi untuk berbuka puasa di sekitar Desa Wirotaman, dengan mobil kami distribusikan dari pintu ke pintu untuk mencegah kerumunan dan menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” pungkas Kholid Abdillah. 

 

 

Sumber : Dok DD
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA