Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Bermegah Ala Milenial: Tak Malu Pada Rasulullah Muhammad?

Sabtu 17 Apr 2021 19:03 WIB

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah

Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Rasullullah tak pernah punya rumah megah

REPUBLIKA.CO.ID, -- Di zaman milenial melalui media sosial, kerap orang kaya masa kini memerkan kemegahan rumahnya yang seperti Istana Sultan Seribu Satu Malam di Baghdad di zaman lampau. 

Di komentarnya tampak sekali komentar berdecak nada kagum. Apalagi bila kemudian si empunya adalah berpenamlan begitu saleh. Komentarnya: sudah kaya saleh lagi. Masya Allah!

Tapi bila ini kemudian mereka paham bagaimana cara hidup rasullah akan terkaget-kaget. Rasullah Muhammad SAW hanya punya rumah yang mungil. Bahkan diriwayatkan kalau nabi tidur kadang kakinya berada di luar rumah. Ada yang menyebut rumah nabi itu sebenarnya sebuah kamar mungil. Seperti apa luas kamar Rasullah, saat ini bisa dilihat pada makam rasullah yang di Masjid Nabawi, Madinah. Jelas tak luas bukan?

Luas rumah nabi tidak lebih dari 3,5 meter x 5 meter. Pintunya terbuat dari kayu jinten saru (juniperus communis) atau jati yang menjadi jalan menuju Raudhah di dalam masjid. Rasulullah wafat dan dimakamkan di arah kiblat kamar ini. Setelah itu, bagian utara kamar ini menjadi tempat tinggal Aisyah.

Rumah Nabi, di mana Rasullah Saw dulu tinggal bersama Aisah Binti Abubakr Al-Siddiq, itu terletak di bagian timur Masjid Nabawi di Madinah. Lokasi itu kini menjadi makam nabi dan dua sahabatnya  Abubakr Al-Siddiq dan Omar Bin Al-Khattab  berada di kamarnya.

Menurut laporan Badan Pers Saudi seperi dikutip dari Saudi Gazette, pintu menuju ke arah 'Rumah Nab'i biasanya terbuka menuju apa yang kini disebut "Raudah Al-Sharifah". Ketika Rasulah Saw wafat berada di kamar Aiysah itulah sebelum para sahabtanya nabi kala itu membahas dan menyetujui  di mana beliau harus dimakamkan.

Saat membahas soal pemakaman tersebut, sahabat Abu Bakar mengatakan dia mendengar Nabi berkata bila: "Setiap nabi dimakamkan di tempat dia mati", maka Nabi dimakamkan di kamarnya dan makamnya terletak di bagian selatan "Kamar Suci". "

Ini Bentuk Kamar Mandi Nabi Muhammad | Republika Online

Keterangan foto: Replika rumah Rasullah yang tersimpan di Museum Masjid Nabawi, Madinah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA