Agar Kulit Sehat Selama Ramadan

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

 Sabtu 17 Apr 2021 14:12 WIB

Jaga kesehatan kulit selama Ramadhan dengan konsumsi sayur, buah, dan air putih yang cukup. Foto: Republika/Prayogi Jaga kesehatan kulit selama Ramadhan dengan konsumsi sayur, buah, dan air putih yang cukup.

Pilih makanan berbuka dan sahur yang tidak memicu kulit kusam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap perempuan berharap memiliki kulit sehat dan merona. Dokter spesialis kulit, dr Indah Widyasari Sp. KK, mengatakan kulit sehat biasanya punya tampilan halus, tidak kemerahan, bersisik dan lembap.

“Kulit sehat juga merupakan cerminan dari tubuh yang sehat. Apa pun yang terjadi dalam tubuh, akan terlihat di tampilan tubuh,” kata Indah dalam acara “Wardah Beauty and Wellness”, Sabtu (17/4).

Ciri kulit sehat memiliki tampilan yang tidak ada masalah. Kedua, elasitisitasnya bagus atau kenyal, tekstur halus, dan juga warnanya merata.

Ada pula ciri lainnya yaitu kulit lembap, glowing, merona dan kenyal. Indah mengatakan sebenarnya tidak terlalu susah untuk mendapatkan kesehatan kulit. Berikut tipsnya, merawat kulit dari dalam dan luar.

Perbanyak cairan
Selama puasa seharian, bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Saat berbuka dan sahur, upayakan tetap memenuhi cairan yang dibutuhkan seharian.

Pola makan
Kontrol makanan manis, berminyak, karena bisa memicu kulit kusam. Bukan tidak boleh, tetapi terlalu berlebihan makanan manis, bisa menambahkan masalah pada kulit. Salah satru kandungan yang bisa diperhatikan seperti vitamin C untuk merangsang kolagen dan memberi banyak manfaat untuk kulit.

Istirahat cukup
Selama Ramadhan, harus bangun saat dini hari. Kelelahan, mata panda dan kulit tampak kusam bisa disebabkan kekurangan istirahat

Merawat kulit
Selain dirawat dari dalam, perawatan dari luar juga tetap penting. Hal yang paling penting membersihkan wajah sesuai kulit dan tidak menggunakan air panas atau hangat. Jangan lupa aplikasikan pelembap karena asupan cairan kurang selama puasa.

Tidak lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 karena sinar matahari juga bisa masuk jendela dan sering kali kita berhadapan dengan layar gawai. Selain itu, untuk melembapkan bibir bisa dengan memilih lip balm.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X